AUDIENSI DITJEN POTHAN KEMHAN DAN KEMENTERIAN LAIN SERTA PEMDA DENGAN KONAS MENWA INDONESIA

Jumat, 15 Januari 2021

Kamis 14/01 Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha memimpin rapat audiensi tentang Konas Menwa Indonesia yang dihadiri oleh Wagub Provinsi DKI, Waaster Panglima TNI, Waaster Kasad, Para Direktur dan Asisten Deputi Kementerian serta tamu undangan yang berjumlah 27 orang peserta. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Abdi Negara Gedung R. Suprapto Lt. 8.

Dalam sambutannya Dirjen Pothan Kemhan menyampaikan bahwa dalam UU No. 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahahan Negara disebutkan bahwaWarga Terlatih adalah warga negara yang terlatih dan terorganisir dalam lembaga pemerintah atau non pemerintah sesuai dengan kebutuhan dan tujuan organisasi yang siap menjadi Komponen Pendukung Pertahanan Negara, sehingga Menwa masuk dalam segmen warga terlatih.

Dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan Menwa untuk bela negara, telah diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yaitu Kemenhan, Kemendagri, Kemenristekdikti dan Kemenpora. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2019 SKB 4 Menteri masa berlakunya habis. Oleh karena itu melalui pertemuan ini diharapkan akan memperoleh masukan dan saran serta mampu mendorong lahirnya kembali kesepakatan yang lebih efisien.

Setelah paparan dari para narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. (Red Bagdatin).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia