KEMHAN MINTA KALBAR SIAPKAN WARGA UNTUK LATIHAN MILITER

Kamis, 11 Maret 2021

Pontianak (10/3/2021), Warga Kalimantan Barat harus siap berlatih militer bersama TNI karena Kementerian Pertahanan akan membentuk Komponen Cadangan dalam memperkuat Pertahanan Negara.

Kodam XII/Tanjungpura diminta mengakomodir seribu seratus ASN, buruh dan mahasiswa yang akan dilatih selama 3 bulan di Mako Dodik Bela Negara Rindam di kota Singkawang.

Sedikitnya seribu seratus warga secara sukarela akan diakomodir pihak Kodam XII/Tanjungpura untuk melaksanakan latihan militer dalam Komponen Cadangan. Dari seribu seratus yang diakomodir pihak Kodam, 550 orang diantaranya merupakan warga Kalimantan Barat, dari unsur ASN, buruh dan mahasiswa.

Hal itu disampaikan Dirjen Pothan Kemhan, Mayjen TNI Dandang Hendrayudha dalam sosialisasi UU No 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara di Makodam XII/Tanjungpura. Komcad dibutuhkan untuk meningkatkan kekuatan TNI dalam mempertahankan negara. Setelah melalui masa pendaftaran dan seleksi, pelatihan dasar kemiliteran komponen cadangan akan direalisasikan selama 3 bulan, yang dipusatkan di Mako Depo Pendidikan atau Dodik Rindam XII/Tanjungpura.

Selain di Makodam XII/Tanjungpura Kubu Raya Kalimantan Barat, sosialisasi pembentukan Komponen Cadangan juga dilaksanakan Kementerian Pertahanan secara serentak di seluruh Indonesia. Komponen cadangan dipersiapkan untuk menghadapi berbagai ancaman yang dapat saja muncul di tengah-tengah masyarakat.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia