RAKOR PEMBENTUKAN KOMCAD

Selasa, 4 Mei 2021

Jakarta (04/05/21) Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha memimpin Rapat koordinasi Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) yang dihadiri Pejabat Jajaran TNI, Kementerian/Lembaga, BUMN dan BUMS. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Bela Negara Gedung R. Soeprapto Lt. 8 Ditjen Pothan Kemhan.

Dalam paparannya Dirjen Pothan Kemhan menyampaikan bahwa dalam menjaga kedaulatan negara serta keutuhan wilayah NKRI dibutuhkan sistem Pertahanan negara yang bersifat semesta, total, terpadu, terarah dan berkelanjutan yang melibatkan semua komponen bangsa. Oleh karena itu pembentukan Komcad adalah sebuah keharusan sebagaimana amanat Undang-undang.

Komcad yang akan segera dibentuk berjumlah 2.500 orang yang berada di rayon 1 yaitu pulau Jawa, kedepan menyusul rayon 2, 3, 4 dan 5 serta akan membentuk Komcad Matra Laut dan Udara. Hal ini sebagai wujud keseriusan negara dalam rangka membangun kekuatan pertahanan dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI serta keselamatan bangsa dan negara. Pendaftaran Komcad sendiri akan dibuka pada bulan Juni 2021.

Rakor dilanjutkan dengan paparan dari Waaspers Kasad dan Dirdik Kodiklat serta diakhiri dengan tanya jawab.

(Red Bagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia