PENANDATANGANAN PERJANJIAN KINERJA DITJEN POTHAN KEMHAN TA. 2022

Senin, 3 Januari 2022

Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha memimpin acara Penandatanganan Perjanjian Kinerja Pejabat Eselon II dan Eselon III di lingkungan Ditjen Pothan Kemhan Tahun 2022, bertempat di Aula Bela Negara, Gedung R. Soeprapto, Kementerian Pertahanan.

Dalam sambutannya, Dirjen Pothan menyampaikan penyusunan perjanjian kinerja merupakan salah satu tahapan dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang termuat dalam Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Perjanjian Kinerja adalah lembar/dokumen yang berisikan penugasan dari pemberi amanah kepada penerima amanah untuk melaksanakan program/kegiatan yang disertai dengan indikator kinerja. Melalui perjanjian kinerja, terwujudlah komitmen penerima amanah dan kesepakatan antara penerima dan pemberi amanah atas kinerja yang terukur tertentu berdasarkan tugas, fungsi dan wewenang serta sumber daya yang tersedia. Perjanjian Kinerja ini dibuat oleh seluruh pejabat mulai dari Eselon IV secara berjenjang hingga Eselon I.

Tujuan Perjanjian Kinerja ini adalah sebagai wujud nyata komitmen antara penerima dan pemberi amanah untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas, transparansi dan kinerja aparatur, menciptakan tolok ukur kinerja sebagai dasar evaluasi kinerja aparatur, sebagai dasar penilaian keberhasilan atau kegagalan pencapaian tujuan dan sasaran organisasi sebagai dasar pemberian penghargaan dan sanksi, sebagai dasar pemberian amanah untuk melakukan monitoring, evaluasi dan supervisi atas perkembangan atau kemajuan kinerja penerima amanah, dan sebagai dasar dalam penetapan sasaran kinerja pegawai.

Dengan ditandatanganinya Perjanjian Kinerja ini diharapkan capaian kinerja Ditjen Pothan akan semakin meningkat dan dapat memberikan dampak yang dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat dan bangsa Indonesia. Dirjen Pothan mengingatkan kembali untuk terus meningkatkan sinergitas baik di lingkungan Ditjen Pothan Kemhan, Satker di lingkungan Kementerian Pertahanan, dan Kementerian/Lembaga terkait untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan Rahmat dan Hidayah kepada kita dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kita kepada bangsa dan negara.

(Red Bagdatin)

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia