BELA NEGARA TIDAK HANYA MENJADI TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB KEMENTERIAN PERTAHANAN SAJA

Rabu, 9 Februari 2022

[09.30, 9/2/2022] Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha dalam sambutannya yang dibacakan oleh Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Dr. Jubei Levianto bahwa Bela Negara memang tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab Kementerian Pertahanan saja, akan tetapi juga menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh Kementerian/ Lembaga termasuk Pemerintah Daerah. Amanat tersebut disampaikan pada saat kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara di Satuan Pendidikan PAUD, Dasar dan Menengah TA. 2022 di Aquarius Boutque Hotel Palangka Raya. Pembukaan kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara dibuka secara simbolis oleh Direktur Bela Negara dan dikuti Peserta terdiri dari Guru dari PAUD, SD, SMP, SMA, Staf Sekolah dan sebagian peserta pelajar dari SMA di lingkungan Kota Palangka Raya. Hadir dalam acara pembukaan Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara tersebut juga dihadiri pejabat Forkopimda Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam sambutan Gubernur Kalimantan Tengah yang dibacakan oleh Sekretraris Daerah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pertahanan RI khususnya Bapak Dirjen Pothan Kemhan yang telah memilih Provinsi Kalimantan Tengah sebagai salah satu sasaran penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara di satuan Pendidikan PAUD, Dasar dan Menengah TA. 2022 ini. Lebih lanjut Dirjen Pothan dalam sambutannya mengatakan, dengan melalui kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara ini, Kementerian Pertahanan berharap dapat terbangun karakter warga negara di Satuan pendidikan yang mampu berkontribusi dengan baik demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia sesuai kapasitas dan kompetensinya masing-masing. Saya juga berharap para peserta adalah generasi muda Kota Palangka Raya ini dapat menjadi role model dan garda terdepan dalam mengaktualisasikan dan menyebarluaskan virus-virus Kesadaran Bela Negara kepada lingkungan sekolah masing-masing, hingga ke masyarakat.

Di sisi lain Sekda menekankan bahwa sasaran kegiatan Sosialisasi Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Satuan Pendidikan adalah membentuk Kader Bela Negara yang mampu menumbuhkembangkan dan menyebarluaskan Kesadaran Bela Negara di wilayah Prov. Kalimantan Tengah memiliki sikap mental dan karakter yang dijiwai oleh rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, keyakinan pada Pancasila sebagai ideologi negara dan kerelaan berkorban bagi bangsa dan negara yang teraktualisasi sesuai profesi warga negara sebagai kemampuan awal Bela Negara.

Narasumber pada kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara di satuan Pendidikan PAUD, Dasar dan Menengah TA. 2022 kali ini, dari Kementerian Pertahanan adalah Direktur Bela Negara Brigjen TNI Dr. Jubei Levianto, Kadisdik Provinsi Kalteng H.A. Syaifudi, S.Pd, M.Pd, Sekretaris Kominfo Provinsi Kalteng Rommy V. Koetin, ST, MA, FKPT Provinsi Kalteng Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag. Penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara di satuan Pendidikan PAUD, Dasar dan Menengah TA. 2022 dilaksanakan oleh Ditjen Pothan Kemhan tanggal 9 dan 10 Februari 2022 di Aquarius Boutque Hotel Palangka Raya Jl. Imam Bonjol No. 5 Kota Palangka Raya. Kegiatan ditutup dengan tanya jawab. (Red Bag Datin/Dit Bela Negara.)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia