Dirjen Pothan Kemhan Menargetkan 1 Batalyon Komponen Cadangan Sukarela dari Matra Laut

Kamis, 10 Februari 2022

Surabaya (09/02/2022), Kementerian Pertahanan melalui Ditjen Pothan bersama dengan Koarmada II menyelenggarakan sosialisasi UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Kegiatan yang bertempat di Gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) Koarmada II, Surabaya ini dibuka langsung oleh Dirjen Pothan Kemhan, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha. Sosialisasi tersebut dibuka oleh Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto dan dihadiri oleh pejabat di jajaran TNI/Polri, Pemerintah Kota Surabaya, beberapa Perusahaan BUMN dan BUMD, serta perwakilan mahasiswa di Surabaya.

Dalam paparannya, Dirjen Pothan menyampaikan bahwa untuk menjaga kedaulatan negara serta keutuhan wilayah NKRI dibutuhkan sistem pertahanan negara yang bersifat semesta, total, terpadu, terarah dan berkelanjutan yang melibatkan semua komponen bangsa. Oleh karena itu dibutuhkan Komponen Cadangan (Komcad) yang terdiri dari masyarakat umum, pekerja, Pegawai Negeri Sipil dan mahasiswa yang mendaftarkan diri secara suka rela.

Komcad dibutuhkan untuk meningkatkan kekuatan Komponen Utama (TNI) dalam mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dari berbagai ancaman yang dapat saja muncul di tengah-tengah masyarakat.

Sewaktu-waktu jika dibutuhkan, Komcad dapat dimobilisasi atas perintah Presiden dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pada tahun 2021, Presiden RI telah menetapkan Komcad sebanyak 3.103 orang dari Kodam Jaya, Kodam III/Siliwangi, Kodam IV/Diponegoro, Kodam V/Brawijaya dan Kodam XII/Tanjungpura. Sedangkan tahun ini, Pemerintah berencana akan membentuk kembali Komcad sebanyak 2.500 orang dari semua matra.

  

Dari matra darat, Komcad akan direkrut di Kodam II/Siliwangi, Kodam VI/Mulawarman, Kodam XIV/Hasanudin dengan alokasi calon Komcad masing-masing 500 orang (1 batalyon). Koarmada II juga akan merekrut 1 batalyon sebagai perwakilan dari matra laut, serta 1 batalyon terakhir dari matra udara akan direkrut dari Pangkalan TNI AU Sulaiman.

Para peserta terlihat antusias mengikuti sosialisasi ini, terbukti dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan pada saat sesi tanya jawab.

 

 

 

 

 

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia