RAPAT KOORDINASI KADER BELA NEGARA LOKAKARYA DAN FASILITATOR TA. 2022

Jumat, 25 Februari 2022

Jakarta, Kamis (24/02/2022) Kementerian Pertahanan dalam hal ini Direktorat Bela Negara Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan melaksanakan kegiatan Rakor Kader Bela Negara Lokakarya dan Fasilitator di Kota Jakarta, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 23 – 24 Februari 2022 di Mercure Jakarta Batavia Hotel ini dipimpin oleh Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha yang didampingi Direktur Bela Negara Brigjen TNI Dr. Jubei Levianto. Kegiatan ini dihadiri oleh 78 peserta terdiri dari pejabat Eselon 3 Kader Bela Negara Perwakilan Kesbangpol 34 Provinsi, 28 orang Kementerian/Lembaga, 10 orang Fasilitator (TOF) dari Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan termasuk narasumber dari berbagai kalangan antara lain Direktur Bina Ideologi Karakter dan Wasbang Ditjen Polpum Kemdagri RI, Deputi 2 Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Direktur Kelembagaan dan Pencegahan Perselisihan Hub. Industrial Ditjen PHI dan Jamsos Kemnaker RI, Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kominfo RI dan Kapus Diklat Bela Negara Kemhan RI.

Dalam kesempatan ini Dirjen Pothan Kemhan dalam sambutannya menyampaikan, Rapat Koordinasi/ Lokakarya Kader dan Fasilitator Bela Negara sebagai kegiatan yang penting dan strategis, disamping sebagai ajang silaturahmi antar Kader dan Fasilitator dari berbagai daerah dan instansi.

Selain itu sebagai wahana membangun sinergi dalam melaksanakan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) di lingkungan pekerjaan atau organisasi peserta masing-masing sehingga terbangun kesamaan persepsi dan kesatuan langkah dalam mewujudkan Gerakan Aksi Nasional Bela Negara.

Dirjen Pothan Kemhan juga mengatakan “Kesadaran Bela Negara tidak tumbuh dengan sendirinya (taken for granted), tetapi harus ditumbuhkembangkan terus menerus atau bersifat never ending process. Oleh karena, itu perlu diambil langkah-langkah untuk penetrasi keyakinan dan sistem nilai dasar Bela Negara mulai dari diri sendiri/individu, keluarga, kelompok dan masyarakat”.

Melalui kegiatan Rakor/Lokakarya Kader dan Fasilitator Bela Negara TA. 2022, Kementerian Pertahanan RI melalui Ditjen Pothan Kemhan berharap dapat terbangun karakter warga negara yang mampu berkontribusi dengan baik demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia sesuai kapasitas dan kompetensinya masing-masing.

Kegiatan selanjutnya paparan materi dari masing-masing narasumber yang disambut antusias oleh para peserta, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta. (Red Bagdatin/Direktorat Bela Negara)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia