PEMBUKAAN TRAINING OF TRAINER (TOT) PEMBENTUKAN KOMPONEN CADANGAN

Kamis, 24 Maret 2022


Senin (21/03) Kementerian Pertahanan dalam hal ini Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan kegiatan Pembukaan Training Of Trainer (TOT) Pembentukan Komponen Cadangan. Kegiatan yang dilaksanakan di Kodiklat TNI AD (Bandung) ini dihadiri oleh Wadan Kodiklat TNI AD Mayjen TNI Kasuri, Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha, Danpusdikif, Waaspot Kasau, Waaspers Kasal, Waaspers Kasad serta peserta dari perwakilan Rindam II/SWJ, Rindam VI/MLW, Rindam XIV/ HSN, Pusdiklat Marinir dan Pusdiklat Pasgat.
Dan Kodiklat TNI AD dalam sambutan pembukaan yang dibacakan oleh Wadan Kodiklat TNI AD Mayjen TNI Kasuri menyampaikan bahwa dalam mewujudkan Ketahanan Nasional peran Komponen Utama sebagai pelaksana garis depan perlu di dukung oleh Komponen Cadangan (Komcad). Oleh karena itu perlu disiapkan personel yang mempunyai kemampuan baik sebagai penyelenggara pembentukan Komcad.


Lebih lanjut disampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan para calon pelatih dan penyelenggara yg terdiri dari Rindam II/SWJ, Rindam VI/MLW, Rindam XIV/ HSN, Pusdiklat Marinir dan Pusdiklat Pasgat dalam menyelenggarakan pendidikan senantiasa memiliki sikap dan keteladanan yang baik dalam menunaikan tugas yang terhormat ini.


Acara selanjutnya paparan Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha, Dirjen menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi dan pemahaman yang sama dalam pelaksanaan pendidikan di Kotama masing-masing sehingga diperoleh hasil yang sama. Selanjutnya Dirjen juga memberikan penekanan antara lain :

1. Menyamakan visi dan misi pelatih dalam mengaplikasikan materi yg akan diajarkan.

2. Pelatih harus memberikan contoh dan tauladan yang baik dan tidak arogan.

3. Latih calon Komcad agar dapat mengaplikasikan taktik dan teknik dengan baik.

4. Tumbuhkan rasa tanggung jawab kepada calon Komcad.

5. Materi yg diutamakan : Latbakjatri Tingkat Pertama, Permildas, Beladiri Militer.

6. Perhatikan faktor keamanan serta hindari pelanggaran yang dapat menimbulkan kerugian personel maupun material.

7. Selama TOT agar melaksanakan prosedur pencegahan Covid-19 (pedomani Protokol Kesehatan).

8. Jaga nama baik TNI dan Kotama masing-masing.

Kegiatan TOT pembentukan Komcad berlangsung selama 5 hari di Pusdikif Pussenif Kodiklatad. (Red Bagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia