SOSIALISASI SARANA DAN PRASARANA NASIONAL KOMPONEN PENDUKUNG PERTAHANAN NEGARA

Kamis, 19 Mei 2022

(Jakarta, Rabu 18/05) Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha di dampingi oleh Direktur Sumber Daya Pertahanan Brigjen TNI Fahrid Amran, S.H. memimpin kegiatan Sosialisasi Sarana dan Prasarana Nasional Komponen Pendukung Pertahanan Negara. Kegiatan ini dihadiri peserta sebanyak 75 orang Pejabat Eselon I dan II Kementerian/Lembaga, Mabes TNI dan Angkatan, Pemda DKI, BUMN/BUMS, Perguruan Tinggi serta 4 orang narasumber. Sosialisasi dilaksanakan di Aula Bela Negara Gedung R. Suprapto Lt. 8.


Dalam sambutannya Dirjen Pothan Kemhan menyampaikan bahwa sosialisasi ini merupakan kegiatan strategis dalam mewujudkan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta sehingga diharapkan terbangunnya pemahaman yang sama dalam melaksanakan penataan dan pembinaan Sarana dan Prasarana Nasional Komponen Pendukung Pertahanan Negara. Komponen Pedukung merupakan salah satu wadah dan bentuk keikutsertaan warga negara dan pemanfaatan sumber daya nasional lainnya dalam usaha pertahanan negara yang secara langsung atau tidak langsung dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan Komponen Utama dan Komponen Cadangan. Mengingat hal tersebut maka Sarana dan Prasarana Nasional Komponen Pendukung harus ditata dan dibina oleh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.


Mengakhiri sambutannya Dirjen Pothan Kemhan mengharapkan penataan dan pembinaan Sarana dan Prasarana Nasional Komponen Pendukung dapat menjadi triger bagi penataan Sarana dan Prasarana Nasional sektor lainnya untuk perekonomian nasional dan kepentingan pertahanan negara.


Acara dilanjutkan dengan paparan dari Dirjen Minyak dan Gas Bumi Prof. Ir. Tutuka Ariadji, M.Sc., Ph.D., IPU dan narasumber yaitu Brigjen TNI Fahrid Amran, S.H. (Direktur Sumber Daya Pertahanan Ditjen Pothan Kemhan), Kol Inf Teguh Puji Raharjo (Paban II Orstra Sops TNI) Wulandari, S.E., MPP, Ak (Perencana Ahli Muda Dit. Alokasi Pendanaan Pembangunan Bappennas) dengan moderator Kol (Purn) KD. Andaru Nugroho, S.Sos., M.Si yang diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab. (Red Bagdatin)

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia