UPACARA PEMBUKAAN PELATIHAN DASAR KEMILITERAN KOMPONEN CADANGAN PERTAHANAN NEGARA TA. 2022.

Rabu, 1 Juni 2022

(Senin 30/05/2022). Sesditjen Pothan Kemhan Laksamana Pertama Sri Yanto .S. T., didampingi Kasubdit SDAB Dukhan Dirsumdahan Kolonel Inf Subarda Triwahyudi, S. IP., menghadiri kegiatan pembukaan pelatihan dasar kemiliteran komponen cadangan yang dilaksanakan di Kodikmar Gunungsari Surabaya, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono M. Tr (Han).

Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono M.Tr (Han), secara resmi membuka latihan dasar kemiliteran (Latsarmil) Komponen Cadangan (Komcad) Matra Laut diikuti oleh 487 siswa yang bersumber dari rekrutmen ASN Kemhan/TNI/Pemda/ Instansi lain, perguruan tinggi negeri/swasta, pegawai BUMN/BUMS/swasta, maupun warga negara (umum) di lapangan Kesatrian EWA Pangalila, Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar), Gunungsari.

Dalam amanatnya, Komandan Kodiklatal menyampaikan bahwa salah satu strategi pertahanan negara yang saat ini dilaksanakan oleh Indonesia dalam menghadapi perkembangan dinamika lingkungan stategis adalah strategi Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) yang melibatkan pengelolaan seluruh sumber daya nasional yang meliputi segenap sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional di seluruh NKRI sebagai satu kesatuan pertahanan dalam menanggulangi ancaman.

Lebih lanjut, Komandan Kodiklatal menambahkan bahwa kunci kekuatan Indonesia dalam menghadapi masuknya berbagai potensi ancaman adalah dengan memperkuat identitas dan jati diri bangsa serta membangun persatuan dan kesatuan yang kokoh dari seluruh komponen bangsa. Untuk itu, komponen cadangan sebagai pertahanan negara yang harus dipersiapkan sejak dini sehingga pada saat diperlukan mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama dan dalam prosesnya harus didasarkan pada kebutuhan dan kemampuan kekuatan pertahanan negara Indonesia dengan memadukan antara kekuatan pertahanan militer dan nirmiliter.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Aspers Kasal Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr.(Han), Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr. (Han), Sesditjen Pothan Kemhan Laksma TNI Sri Yanto. S.T., Kadispotmaral Laksma TNI DR. Suradi Agung Slamet, S.T., S.Sos., M.M., Dankodikmar Brigjen TNI (Mar) Ili Dasili, S.E., Dirum Kodikatal Laksma TNI Gatot Hariyanto, Dirdik Kodiklatal Laksma TNI Ali Triswanto, S.E.,M.Si., Kadisminpersal Laksma TNI Deni Herman, S.T., M.A.P., CHRMP, Danlantamal V Laksma TNI Yoos Suryono Hadi, Kalapetal Kolonel Laut (P) Apri Suryanta S.E M.M CHRMP, Danpuslatdiksarmil Kolonel Laut (P) Irwan S P Siagian, Wadan Kodikmar Kolonel Marinir Efhardian, Para Danpusdik, Komandan Sekolah dan Pamen jajaran Kodikmar.
( Red Bagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia