DIRJEN POTHAN KEMHAN PIMPIN UPACARA PEMBUKAAN PELATIHAN DASAR KEMILITERAN KOMPONEN CADANGAN MATRA UDARA TA. 2022

Kamis, 2 Juni 2022

Bandung – Kementerian Pertahanan RI menggelar upacara pembukaan Latsarmil Komponen Cadangan Pertahanan Negara secara serentak di 6 (Enam) satuan pendidikan pada tanggal 30 Mei 2022, antara lain : 1. Kodam II/Swj dengan Irup Kasdam II/Swj Brigjen TNI Gumuruh, 2. Kodam VI/Mlw dengan Irup Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, 3. Kodam XIV/Hsn dengan Irup Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Andi Muhammad, 4. Pusdik Kowad dengan Irup Wadan Kodiklatad Mayjen TNI Candra Wijaya,  5.  Kodikmar dengan Irup Dankodiklatal Letjen TNI Suhartono, dan  6. Pusdiklat Pasgat dengan Irup Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha.

Dalam kesempatan ini Dirjen Pothan Kemhan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha memimpin langsung upacara pembukaan Latsarmil Komponen Cadangan Matra Udara TA. 2022 yang bertempat di lapangan Mako Kopasgat Bandung.

Upacara pembukaan Latsarmil Komponen Cadangan TA. 2022 dihadiri pejabat Kemhan RI, Mabes TNI, Mabes Angkatan, Kodam III/Slw, Polda Jabar, Pemda Jabar dan perwakilan perusahaan BUMN/BUMS kota Bandung.

Jumlah peserta Latsarmil Komcad yang tergelar di 6 (Enam) Satuan Pendidikan masing-masing sebanyak; 1. Kodam II/Swj 450 orang, 2. Kodam VI/Mlw 500 orang, 3. Kodam XIV/Hsn 500 orang, 4. Pusdik Kowad 50 orang,  5. Kodikmar 500 orang, dan 6. Pusdiklat Pasgat 500 orang. Komponen cadangan bersifat sukarela (voluntary) berasal dari ASN Kemhan/TNI/Pemda/Instasi lain, perguruan tinggi negeri/swasta, maupun warga negara lain (umum). Kegiatan Latsarmil Komcad TA. 2022 dilaksanakan selama 3 bulan, dibuka tanggal 30 Mei 2022 dan ditutup tanggal 27 Agustus 2022.

Dalam sambutannya Dirjen Pothan Kemhan, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha membacakan amanat Menteri Pertahanan RI Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto mengapresiasi dan berterima kasih atas kerelaan para peserta untuk ikut serta menjadi bagian dari Komponen Cadangan, ini merupakan salah satu wujud upaya bela negara, “mengingat bela negara bukan hanya menjadi tanggungjawab Kementerian Pertahanan saja akan tetapi menjadi tanggungjawab seluruh komponen bangsa”. Kalian adalah orang-orang terpilih yang telah mengikuti seleksi, karena tidak mudah untuk menjadi seorang Komponen Cadangan.

Lebih lanjut Dirjen Pothan Kemhan menyampaikan, bahwa Salah satu strategi pertahanan Negara yang saat ini dilaksanakan oleh Indonesia dalam menghadapi perkembangan dinamika lingkungan strategis adalah stategi Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishamkamrata). Sistem ini melibatkan pengelolaan seluruh sumber daya nasional yang meliputi segenap sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional di seluruh NKRI sebagai satu kesatuan pertahanan dalam mengurangi ancaman. Hal tersebut tentunya dilandasi oleh penanaman nilai-nilai kesadaran bela negara disertai pembangunan kekuatan TNI beserta Alutsistanya sebagai Komponen Utama Pertahanan Negara. Komponen Cadangan sebagai subsistem pertahanan negara harus dipersiapkan sejak dini sehingga pada saat diperlukan mampu memperbesar dan memperkuat Komponen Utama.

Beberapa penekanan diakhir amanat, antara lain;

  1. Laksanakan latsarmil dengan baik dan benar sesuai kurikulum yang dibuat dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan baik personel dan materiil.
  2. Jaga nama baik matra dan satuan pendidikan sebagai penyelenggara Latsarmil.
  3. Hindari tindakan arogan pelatih dan beri hukuman yang mendidik serta dapat menjadi contoh dalam sikap dan penampilan.
  4. Utamakan pemberian materi menembak tingkat pratama dan peraturan militer dasar.

5. Tetap terapkan prosedur dan protokol kesehatan selama melaksanakan latsarmil untuk menghindari penyebaran virus covid-19.

Setelah upacara pembukaan Latsarmil Komcad TA. 2022 secara resmi dibuka di Pusdiklat Pasgat Bandung,  pada kesempatan lain sekaligus Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha akan memberikan materi Wawasan Kebangsaan kepada siswa Komcad Matra Udara dan siswa Komcad Wanita pada pukul 18.30 WIB sd selesai bertempat di  Mako Pusdiklatpasgat Bandung.

(Red-Kasubdit Rendiacad, Ditsumdahan Ditjen Pothan Kemhan)

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia