Sumber Daya Alam dan Buatan untuk Pertahanan Negara

Kamis, 16 Juni 2022

 

Samarinda (15/06) РDirektorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia melalui Direktorat Sumber Daya Pertahanan melaksanakan  kegiatan Sosialisasi Sumber Daya Alam dan Buatan untuk Komponen Pendukung Pertahanan Negara.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Pertemuan Serbaguna Ruhui Rahayu Lantai 1 Gedung Gubernur Provinsi Kalimantan Timur ini dibuka oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur, H. Hadi Mulyadi, S.Si, M.Si.

Sosialisasi yang dihadiri oleh perwakilan satuan TNI, para eselon III dan IV jajaran Pemprov Kaltim, perwakilan BUMN dan BUMS, serta tokoh masyarakat Kalimantan Timur ini diisi oleh Direktur Sumber Daya Pertahanan, Brigjen TNI Fahrid Amran, S.H. sebagai Narasumber utama.

Dalam paparannya Brigjen TNI Farid menyampaikan bahwa sistem pertahanan bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total terpadu, terarah dan berlanjut.

Dalam menghadapi ancaman militer, tentu TNI yang menjadi leading sector. Akan tetapi, jika ancaman yang dihadapi adalah ancaman non militer, maka Kementerian/Lembaga di luar pertahanan yang akan menjadi leading sector dengan memanfaatkan SDM, SDAB dan Sarprasnas yang dimiliki. Inilah pentingnya Indonesia menganut Sishankamrata.

Sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang disambut secara antusias oleh peserta. (Red. Bagdatin)

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia