SOSIALISASI SUMBER DAYA ALAM DAN BUATAN UNTUK PERTAHANAN NEGARA

Selasa, 28 Juni 2022

Kendari (28/06) – Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia melalui Direktorat Sumber Daya Pertahanan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Sumber Daya Alam dan Buatan untuk Komponen Pendukung Pertahanan Negara.

Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Pola Bahteramas lantai 3 Gedung Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D. Sosialisasi yang dihadiri oleh perwakilan satuan TNI, para eselon III dan IV jajaran Pemprov Sulawesi Tenggara, perwakilan BUMN dan BUMS, serta tokoh masyarakat Sulawesi Tenggara ini diisi oleh Direktur Sumber Daya Pertahanan, Brigjen TNI Fahrid Amran, S.H. sebagai Narasumber utama.

Dalam paparannya Brigjen TNI Farid Amran, S.H. menyampaikan bahwa Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara Pasal 3 mengamanatkan bahwa Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara bertujuan untuk mentransformasikan Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Alam, dan Sumber Daya Buatan, serta Sarana dan Prasarana Nasional menjadi kekuatan Pertahanan Negara yang siap digunakan untuk kepentingan Pertahanan Negara. Beliau juga menyampaikan sistem pertahanan bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total terpadu, terarah dan berlanjut.

Negara dalam menghadapi ancaman militer, tentu TNI yang menjadi leading sector. Akan tetapi, jika ancaman yang dihadapi adalah ancaman non militer, maka Kementerian/Lembaga di luar pertahanan yang akan menjadi leading sector dengan memanfaatkan SDM, SDAB dan Sarprasnas yang dimiliki. Inilah pentingnya Indonesia menganut Sishankamrata.

Sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang bertindak sebagai moderator Drs. Suharno, M.TP, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Sulawesi Tenggara dan disambut secara antusias oleh peserta. (Red. Bagdatin)

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia