UPACARA PENUTUPAN PELATIHAN DASAR KEMILITERAN KOMPONEN CADANGAN PERTAHANAN NEGARA TA. 2022

Sabtu, 27 Agustus 2022

Sabtu 27/08/2022. Kementerian Pertahanan RI menggelar upacara penutupan Pelatihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil) Komponen Cadangan (Komcad) Pertahanan Negara TA. 2022. Kegiatan penutupan Latsarmil diselenggarakan pada tanggal 26 dan 27 Agustus 2022. 

Tanggal 26 Agustus 2022 di selenggarakan di Kodam VI/Mlw, Rindam XIV/Hsn dan Pusdiklat Kopasgat Bandung, sedangkan tanggal 27 Agustus 2022 kegiatan di laksanakan di Kodam II/Swj dan Kodikmar Surabaya serta Pusdik Kowad Bandung.

Pada kesempatan penutupan ini hadir beberapa pejabat dari Kementerian Pertahanan diantaranya Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha, Sesditjen Pothan Kemhan Laksma TNI Sri Yanto, S.T., para Direktur dan Eselon III Ditjen Pothan Kemhan yang ditunjuk.

Selain itu hadir para pejabat dari Angkatan diantaranya Dankodiklatal, Dankodiklatau, Wadan Kodiklatad, Pangdam VI/Mlw dan Pangdam XIV/Hsn yang bertindak sebagai Irup dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya para pejabat tersebut membacakan amanat Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyampaikan bahwa apresiasi dan berterima kasih atas kesiapan dan kerelaan peserta Latsarmil yang telah besedia untuk ikut serta menjadi bagian dari Komponen Cadangan, mengingat bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah atau dalam hal ini Kemhan, TNI dan Polri semata, namun bela negara merupakan tugas dan kewajiban semua warga negara Indonesia.

Secara geografis, Indonesia memiliki posisi strategis dimana potensi ancaman militer atau kemungkinan terjadinya perang konvensional masih mungkin terjadi. Sehingga diperlukan kemampuan negara untuk menata, menyiapkan dan menggunakan segala sumber daya serta sarana prasarana yang dimiliki untuk kepentingan nasional,” Tuturnya.

Lebih lanjut Menhan RI menjelaskan bahwa Komponen Cadangan merupakan “sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk di kerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama” yang mampu bekerjasama dengan komponen-komponen lain dalam meningkatkan keamanan dan stabilitas pada pelaksanaan tugas ke depan.

Saya tekankan bahwa masa aktif Komponen Cadangan hanya pada saat pelatihan dan mobilisasi. Akan tetapi, anggota Komponen Cadangan harus selalu siaga jika dipanggil negara Komponen Cadangan dikerahkan bila negara dalam darurat militer atau keadaan perang, dimobilisasi oleh Presiden dengan persetujuan DPR yang Komando Kendalinya berada dibawah Panglima TNI, sehingga tidak ada anggota Komponen Cadangan yang melakukan kegiatan mandiri. Komponen Cadangan hanya untuk kepentingan pertahanan dan kepentingan negara,” Tutupnya.

Dalam acara tersebut turut hadir juga para undangan diantaranya pejabat Forkopimda dan perwakilan perusahaan BUMN/BUMS setempat dan undangan lainnya. Kegiatan penutupan Latsarmil Komcad berjalan dengan tertib, aman dan lancar. (Red Bagdatin)

Penutupan Latsarmil Komcad Matra Darat di Kodam II/Swj

Penutupan Latsarmil Komcad Matra Darat di Kodam VI/Mlw

Penutupan Latsarmil Komcad Matra Darat di Rindam XIV/Hsn

Penutupan Latsarmil Komcad Matra Laut di Kodikmar, Surabaya.

Penutupan Latsarmil Komcad Matra Udara di Pusdiklatpasgat, Bandung.

Penutupan Latsarmil Komcad Wanita di Pusdik Kowad, Bandung.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia