PENETAPAN KOMPONEN CADANGAN TAHUN 2022

Kamis, 8 September 2022

Batujajar-Bandung (08/09) Kementerian Pertahanan dalam hal ini Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan kegiatan Upacara Penetapan Komponen Cadangan TA. 2022 di Lapangan Udara Suparlan, Batujajar, Bandung. Turut hadir dalam kegiatan ini para Kepala Staf Angkatan, Dankor Brimob, para Dankodiklat, Danpusdik, Dan Rindam, Atase Pertahanan, serta para undangan lainnya.

Dalam kegiatan upacara penetapan ini Prabowo Subianto selaku Menteri Pertahanan menyampaikan laporannya kepada Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, bahwa Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) merupakan amanat Undang-Undang Negara RI Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara, yang mengamanatkan Pembentukan Komponen Cadangan dari unsur Warga Negara, yang pelaksanaannya melalu tahapan pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran dan penetapan, yang selanjutnya Komcad ini akan digunakan untuk memperkuat dan memperbesar kekuatan TNI pada saat negara membutuhkan. Untuk tahun ini personel yang akan ditetapkan sebagai anggota Komcad sebanyak 2.974 orang yang terdiri dari Matra Darat, Matra Laut dan Matra Udara.

Selanjutnya Wakil Presiden RI Makruf Amin selaku Inspektur upacara menyampaikan sambutannya bahwa Sistem pertahanan merupakan kebutuhan mendasar bagi sebuah negara untuk menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah serta melindungi keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman. Terlebih di lingkungan strategis internasional dan nasional yang dinamis dan diliputi ketidakpastian seperti sekarang ini, pertahanan dan daya tangkal nasional mutlak untuk kita perkuat, antara lain melalui bela negara oleh seluruh warga negara. Salah satu perwujudannya adalah penguatan Komponen Cadangan sebagai bentuk strategi antisipatif agar kita siap menghadapi ancaman dan gangguan terhadap kehidupan bangsa.

Selain itu, Komponen Cadangan juga merupakan salah satu ikhtiar bangsa untuk mempersiapkan kekuatan rakyat sekaligus champions di berbagai bidang yang memiliki dan menunjukkan kecintaan pada tanah air.

Dalam menutup sambutannya Wakil Presiden menyampaikan selamat atas penetapan Komponen Cadangan Tahun 2022. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan inayahnya dan meridhoi setiap ikhtiar yang kita lakukan untuk menjaga kedaulatan, keutuhan dan keselamatan NKRI.

Selesai upacara, sebelum meninggalkan lokasi Wakil Prsiden RI menyempatkan diri untuk melihat dari dekat pameran produk-produk Industri Pertahanan dalam negeri antara lain PT. Pindad (Persero), PT Ridho Agung, Sritex, Mitra Harapan Abadi (Rider), Radian, Wonghang, Weba International, Foximas Mandiri, Niaga Optima Artha, Sugih Atiti Siliwangi, Farin dan Cartenz. (Red Bagdatin).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia