KEGIATAN KUNJUNGAN MONITORING DAN EVALUASI (MONEV) DIRJEN POTHAN KEMHAN DI FASILITAS SCYTALYS, YUNANI

Sabtu, 17 September 2022

Dalam rangka implementasi kegiatan Kandungan Lokal dan Ofset (KLO) dari pengadaan Sistem Interoperability Kodal (SIK) berupa command, control, communication, computer, intelligence, surveilance, and reconnaisance (C4isr) antar matra darat, matra laut dan matra udara dalam satu komando.

Pada tanggal 12 s.d 17 September 2022 Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha didampingi oleh perwakilan dari PT LEN Industri dan PT Uptrans Teknologi telah melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi terkait program KLO yang telah, sedang dan akan diberikan kepada PT LEN Industri dan Industri Pertahanan lainnya di Fasilitas Scytalys Yunani. Dirjen Pothan Kemhan diterima oleh Tony Anastasiou Program Manager System Interoperability Kodal (SIK) dan Staf Scytalys. Hadir dalam Monitoring dan Evaluasi Duta Besar RI di Yunani Bapak Bebeb Abdul Kurnia Nugraha Djundjunan dan Staf serta perwakilan Athan Italia merangkap Yunani Mayor (Sus) Isran Ashari.

Dirjen Pothan Kemhan menerima paparan dari Scytalys terkait progres program Ofset dan kandungan lokal yang telah dan akan diberikan scytalys berupa kegiatan alih teknologi, On Job Training (OJT), pembangunan laboratorium dan pusat interoperability, kemampuan pemeliharaan serta tool pengembangan aplikasi command control (c2) kepada 2 personel PT LEN Industri selama 12 bulan di fasilitas Scytalys Yunani. Disamping itu terdapat kegiatan kandungan lokal berupa pembangunan infrastruktur c2 di Mabes TNI dan Natuna, penyedian hardware dan software untuk c2, integrasi c2 di Indonesia, instalasi SIK di Mabes TNI serta Voice Communication System (VCS).

Dalam rangka pembinaan Industri Pertahanan, Dirjen Pothan Kemhan menekankan pentingnya kesungguhan PT LEN Industri agar menguasai kemampuan Sistem Interoperability Kodal (SIK) dan pengembangannya agar suatu saat mampu membangun Indonesia data link (national data link) sendiri. Kemampuan tersebut dapat diperoleh antara lain dari kegiatan kandungan lokal dan ofset (KLO) yang dilaksanakan di Indonesia melalui kerjasama dengan Industri Pertahanan Global. Diharapkan industri pertahanan mampu melaksanakan pemeliharaan (maintenance) dikemudian hari, untuk meningkatkan kemandirian industri pertahanan.

Kemhan RI dan industri pertahanan ingin terus membangun kerjasama dengan Scytalys dalam rangka meningkatkan kemampuan interoperabilitas di TNI melalui kerjasama industri pertahanan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia