RAKOR PEMBENTUKAN KOMPONEN CADANGAN TA. 2023

Rabu, 14 Desember 2022

Jakarta (14/12), Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha memimpin pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) TA. 2023 di Aula Bela Negara Lantai 8 Gedung R. Soeprapto Kemhan. Kegiatan yang dilaksanakan secara online dan offline ini dihadiri oleh Pejabat dijajaran Kemhan, Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, TNI AU, KemenPAN RB, BKN, Kemendagri, Kemenhub, Kemen BUMN, KLH, KKP, Akademisi, BUMN dan BUMS.

Dalam pengarahannya Dirjen Pothan menyampaikan bahwa untuk menjaga kedaulatan negara serta keutuhan wilayah NKRI dibutuhkan Sistem Pertahanan negara yang bersifat semesta, total, terpadu, terarah dan berkelanjutan yang melibatkan seluruh komponen bangsa. Oleh karena itu dibutuhkan Komponen Cadangan yang terdiri dari masyarakat umum, Pekerja, Pegawai Negeri Sipil, Karyawan Swasta dan Mahasiswa yang mendaftarkan diri secara sukarela.

Komponen Cadangan ini dibutuhkan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama setelah melalui masa pendaftaran, seleksi, selanjutnya akan dilaksanakan pelatihan dasar kemiliteran selama 3 bulan.
Untuk TA. 2023 Komcad yang akan direkrut sebanyak 2.500 orang yang terbagi menjadi 5 (lima) wilayah yaitu Medan, Manado, Bali, Surabaya dan Bandung. Oleh karena itu beliau berharap kepada peserta Rakor TNI, K/L, BUMN, BUMS serta Akademisi untuk selalu berpartisipasi aktif demi suksesnya Pembentukan Komcad TA. 2023. (Red Bagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia