SOSIALISASI UNDANG – UNDANG No 23 TAHUN 2019 TENTANG PENGELOLAAN SUMBER DAYA NASIONAL UNTUK PERTAHANAN NEGARA DALAM RANGKA PEMBENTUKAN KOMPONEN CADANGAN TA. 2023

Jumat, 13 Januari 2023

Kemhan dalam hal ini Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan sosialisasai ”Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara”, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di tiga daerah yaitu di Bandung, Bali dan Surabaya dengan melibatkan unsur dari TNI, Pemerintah daerah dan Akademisi, dimana kegiatan ini dilaksanakan secara online dan offline.

Kegiatan sosialisasi dimulai tanggal 9 s.d 13 Januari 2023 di Bandung dipimpin oleh Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha bertempat di Lanud Husen Sastranegara jumlah peserta 115 orang, di Surabaya oleh Ses Ditjen Pothan Kemhan Laksamana Pertama TNI Sri Yanto, S.T. diselenggarakan di Lantamal V dan Universitas Hangtuah Surabaya dengan jumlah peserta 340 orang, sedangkan di Bali dipimpin oleh Dirsumdahan Ditjen Pothan Brigjen TNI Fahrid Amran, S.H. bertempat di Makorem 163 Wira Stya Denpasar Bali dengan jumlah peserta 340 orang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Para Pejabat jajaran TNI AD, AU, AL, Pemerintah Daerah, Akademisi dan intansi terkait.

Dalam kesempatan tersebut Dirjen Ditjen Pothan menyampaikan bahwa untuk menjaga kedaulatan negara serta keutuhan wilayah NKRI dibutuhkan sistim Pertahanan Negara yang bersifat semesta, total, terpadu, terarah dan berkelanjutan yang melibatkan semua komponen bangsa yang menempatkan TNI sebagai komponen utama dan didukung oleh komponen cadangan dan komponen pendukung. Oleh karena itu dibutuhkan Komponen Cadangan yang terdiri dari masyarakat, pekerja, Pegawai Negeri Sipil dan mahasiswa yang mendaftarkan diri secara suka rela.

Kita tidak menginginkan negara yang begitu besar ini terbelah karena isu-isu yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu kita harus bersama-sama dengan komponen masarakat lainnya untuk menjaga keutuhan NKRI sehingga menjadi negara Indonesia yang kuat dan mandiri”, sambung Dirjen Pothan. Rencana pembentukan Komponen Cadangan TA. 2023 diawali dengan kegiatan sosialisasi, pendaftaran tanggal 2 Januari – 14 April 2023, kegiatan seleksi tanggal 17 April – 5 Mei 2023, Latihan Dasar Kemiliteran tanggal 8 Mei – 5 Agustus 2023, dan diakhiri dengan Latihan pembulatan dan penetapan pada akhir Agustus 2023. Rencana pembentukan Komponen cadangan berjumlah 2500 orang yang terdiri dari 1500 Komcad Matra Darat, 500 Komcad Matra Laut, dan 500 Komcad Matra Udara, dengan tempat Pendidikan di kota Medan, Manado, Manokwari, Kodikmar Kodiklatal Surabaya dan Pusdiklat Pasgat Bandung ( Red Bagdatin).

Dokumentasi Kegiatan Sosialiasi di Bandung

Dokumentasi Kegiatan Sosialiasi di Surabaya

Dokumentasi kegiatan sosialisasi di Bali




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia