The 5th Edition Indonesia-France Bilateral Defense Industry Seminar Small Medium Enterprises

Kamis, 9 Maret 2023

Kemajuan industri dapat dicapai dengan pembinaan industri pertahanan melalui kerjasama antar industri baik lokal maupun internasional. The 5th Edition Indonesia-France Bilateral Defense Industry Seminar dilaksanakan di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta pada tanggal 7 s.d. 8 Maret 2023 yang dibuka oleh Dir Tekindhan Ditjen Pothan Kemhan mewakili Dirjen Pothan Kemhan. Kegiatan ini merupakan forum pertemuan bilateral Industri Pertahanan Small Enterprises Medium antara RI – Perancis dalam bentuk seminar sebagai implementasi dari Perjanjian Kerjasama Pertahanan RI – Perancis pada bulan Juni 2021.

Sambutan pembukaan seminar dari Indonesia diwakili oleh Dir Tekindhan Ditjen Pothan Kemhan, Marsma TNI Ir. Wajariman, M.Sc dan dari Perancis adalah The Charge d’Affaires of the Embassy of France, M. Legodec Laurent. Pada sambutan tersebut kedua negara menyatakan signifikansi kerjasama bilateral yang telah dilaksanakan sebelumnya. The 5th Edition Indonesia – France Bilateral Small Medium Enterprises Seminar Defense Industry 2023 menjadi dialog antara komunitas industri pertahanan Indonesia dengan industri pertahanan Perancis dalam rangka meningkatkan kerjasama dan mewujudkan semangat saling menguntungkan antar kedua negara. Kedua perwakilan Ketua Delegasi menyadari bahwa hubungan pertahanan kedua negara sangat penting, tidak hanya dalam bidang pertahanan dan keamanan saja, namun juga sangat penting dalam bidang kerjasama Industri Pertahanan.

Delegasi Indonesia diikuti perwakilan dari Kemhan, Kemendag, Kemenlu, Kemenkeu, Bappenas, Mabes TNI, Mabes Angkatan, KKIP, dan 24 Industri Pertahanan (BUMN dan BUMS). Sedangkan delegasi Perancis diikuti oleh 23 Perusahaan.

The 5th Edition Indonesia – France Bilateral Defense Industry Seminar yang diselenggarakan oleh Ditjen Pothan Kemhan dan Directorate General Armaments (DGA) dari Kementerian Bersenjata Perancis dengan dukungan dari asosiasi Industri Pertahanan Perancis (GICAT dan GICAN). Kegiatan seminar ini juga merupakan tindaklanjut dari kegiatan Indo Defence 2022, untuk mempertemukan perusahaan Perancis dan Indonesia untuk saling berinteraksi antara perusahaan Perancis dengan komunitas pertahanan Indonesia (angkatan bersenjata, industrialis, dan otoritas) dan untuk mengidentifikasi sinergi antara industri pertahanan RI dan Perancis. Kedatangan Perusahaan Perancis secara umum ingin mengetahui mekanisme pengadaan dan Ofset di Indonesia, mengetahui program prioritas pengembangan teknologi dan membangun kerjasama Business to Business dengan dasar saling mengenal antar perusahaan dan antar personel dari kedua negara (person to person contact). Semoga kegiatan ini dapat mendorong kemandirian industri pertahanan Indonesia dengan bekerjasama antara Indonesia dan Prancis.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia