BELA NEGARA, MODERASI BERAGAMA UNTUK PERADABAN DAN KEMANUSIAAN

Kamis, 16 Maret 2023

Jakarta, (16 Maret 2023) Dalam rangka menyebarluaskan informasi kegiatan Bela Negara kepada seluruh lapisan masyarakat, Direktorat Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan salah satunya mengadakan kegiatan Ngopi Daring Bela Negara. Kegiatan Ngopi daring merupakan  sarana ngobrol pintar seputar bela negara  yang mencakup nilai-nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi Negara,rela berkorban bagi bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal bela negara

Ngopi daring episode 3 kali ini bertemakan Bela Negara, Moderasi Beragama untuk Peradaban  dan Kemanusiaan dirasa sangat strategis dan relevan mengingat adanya fenomena maraknya aksi terorisme dan paham radikalisme di Indonesia dengan kecenderungan pelibatan para generasi muda yang dipandu oleh Letkol Tituler Deddy Corbuzier selaku Duta Komcad. Dalam Kegiatan Ngopi Daring edisi 3 ini menghadirkan 3 (tiga) narasumber yaitu, Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Sarwono, B.Sc.,S.I.P., PSC, Direktur Pendidikan Agama Islam Kemenag RI Drs. H. Amrullah M.Si, Kasubbid Pengawasan  BNPT Faizal Yan Aulia dan  Ketua II Bidang Sosial dan Keagamaan Pergerakan Mahasiswa Moderasi Bela Negara (PMMBN), Muhammad Hair Rizky Mahasiswa Universitas Nasional Jakarta (UNJ).

Disisi lain bahwa, Bela Negara adalah pondasi dan landasan bagi setiap warga negara untuk berkontribusi dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara, yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang rukun, damai dan sejahtera melalui implementasi Nilai Dasar Bela Negara pada setiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara baik di lingkup pendidikan, lingkup masyarakat  dan lingkup pekerjaan. Menurut Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha, Bela Negara bagi generasi muda itu mudah, yaitu dengan ” BANYAK BERKARYA, BUKAN BANYAK GAYA “.

Moderasi Beragama yang digagas oleh Kementerian Agama telah di Launching pada tanggal 29 November 2022 di Universitas Indonesia dan telah disepakati oleh 9 Perguruan Tinggi se-Jabodetabek dan sampai saat sudah mencapai 82 Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta yang sudah tergabung dalam Moderasi Beragama dan Bela Negara. Kegiatan tersebut diharapkan mampu menjadi salah satu solusi terbaik dalam meredam radikalisme agama di lingkungan perguruan tinggi. Moderasi beragama sekaligus juga dapat menjadi bagian dari aktualisasi Bela Negara pada generasi muda dengan harapan menjadi  role model (panutan) dan agen perubahan di lingkungan keluarga, kampus, maupun di masyarakat dalam menanamkan sikap, perilaku dan karakter yang memiliki rasa toleransi beragama yang tinggi dan mampu menempatkan kebhinekaan.

Kegiatan Ngopi Daring tersebut merupakan sinergitas yang kuat antara Kementerian Pertahanan, Kementerian Agama dan BNPT yang terus melaksanakan sosialisasi penanaman moderasi beragama dalam konteks Bela Negara secara massif, bersinergi dan berkesinambungan, merupakan keniscayaan dengan menghadirkan narasumber yang kompeten maupun perwakilan generasi muda yang dapat memvisualisasikan gambaran realita tantangan terkait penerapan moderasi beragama dalam mencegah radikalisme agama di berbagai lingkup kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia