PENYELENGGARAAN KOMSOS BERSAMA KELUARGA BESAR TNI (KBT) DI PUSZIAD DENGAN TEMA “SATUKAN PERSEPSI KUATKAN SINERGI GUNA MERAJUT KEUTUHAN NKRI”

Kamis, 16 Maret 2023

Jakarta 15 Maret 2023, Ditjen Pothan Kemhan mempunyai tugas dan fungsi menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan dibidang Potensi Pertahanan, meliputi sumber daya pertahanan, sumber daya manusia pendukung pertahanan, teknologi industri pertahanan, dan teknologi informasi komunikasi pertahanan. Salah satu tugas dan fungsi Ditjen Pothan tersebut dijabarkan oleh Direktorat Sumber Daya Pertahanan yang memiliki tugas untuk melaksanakan perumusan kebijakan serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan dibidang sumber daya pertahanan.

Sebagai salah satu implementasi dari pelaksanaan tugas dan fungsi tersebut bertempat di Graha Zeni Pusziad, Matraman, Jakarta Timur, Direktur Sumber Daya Pertahanan Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Fahrid Amran, S.H. mewakili Dirjen Pothan Kemhan hadir menjadi salah satu narasumber kegiatan Komsos bersama Keluarga Besar TNI (KBT) dengan Tema ”Satukan Persepsi Kuatkan Sinergi Guna Merajut Keutuhan NKRI”. Kegiatan Komsos yang di buka oleh Waaster Kasad Bidang Tahwil, Komsos dan Bhakti TNI, Brigjen TNI Yudianto Putrajaya juga menghadirkan narasumber lain Dirjen Kewaspadaan Nasional dan Pemerintahan Umum Kemendagri, para Waaster Kasad, Aster Kaskostrad, Paban Sterad, Aster Kasdam Jaya, Aster Kopassus, Dandim dijajaran Kodam Jaya, PPM, GM FKPPI, Keluarga Besar FKPPI serta HIPAKAD wilayah Jabodetabek.

Dalam paparannya Dirsumdahan menyampaikan materi mengenai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara terkait prediksi ancaman baik ancaman militer, ancaman non militer, dan ancaman Hibrida, kemudian Sishankamrata, Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung. Dirsumdahan juga menyampaikan bahwa Sishankamrata merupakan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya lainnya serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terpadu terarah dan berlanjut. Kemudian terkait Pengelolaan Komponen Cadangan dilaksanakan melalui tahapan pendaftaran, seleksi, Latsarmil, pengangkatan, penetapan, pembinaan dan penggunaan (mobilisasi/demobilisasi), sedangkan Komponen Pendukung diselenggarakan melalui tahapan penataan dan pembinaan. Penataan terdiri dari penyiapan dan penetapan. Penyiapan dilaksanakan melalui kegiatan pendataan, pemilahan, pemilihan dan verifikasi, selanjutnya ditetapkan. Sedangkan pembinaan melalui kegiatan sosialisasi, bimbingan teknis, dan simulasi.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa saat ini dari jumlah penduduk sebanyak 275.361.267, Indonesia memiliki militer aktif 445.030 dan Tentara Cadangan sebanyak 6.074 orang. Pada tahun 2021 Indonesia membuat sejarah baru dalam tata kelola Sistem Pertahanan Negara yaitu dengan dibentuknya Komponen Cadangan sebanyak 7 Batalyon terdiri dari 5 Batayon Matra Darat dan 2 Batalyon Unhan. Selanjutnya tahun 2022 dibentuk 6 Batalyon yang terdiri dari 3 Batalyon Matra Darat, 1 Batalyon Matra Laut, 1 Batalyon Matra Udara dan 1 Batalyon Unhan. Rencana pada tahun 2023 akan dibentuk sebanyak 6 Batalyon terdiri dari 4 Batalyon Matra Darat, 1 Batalyon Matra Laut dan 1 Batalyon Matra Udara. Saat ini telah dibuka pendaftaran Komponen Cadangan sampai dengan pertengahan bulan April 2023. Pendaftaran dapat dilakukan melalui WEBSITE : https://komcad.kemhan.go.id, Mobile Apps, dan Chatbot Whatsapp 0896-1937-0020.

Sementara itu narasumber lain Dirjen Kewaspadaan Nasional dan Pemerintahan Umum Sri Handoko, S. STP., M.Si. menyampaikan materi tentang Optimalisasi Peran Keluarga Besar TNI (KBT) dalam mendukung pembangunan Nasional guna persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan membahas masalah Vaksin Kebangsaan terdiri dari transformasi wawasan kebangsaan, revitalisasi nilai-nilai Pancasila, moderasi agama, kesadaran bela negara, pelestarian akar budaya bangsa dan transformasi pembangunan kesejahteraan. Acara juga diisi dengan sesi tanya jawab dan kegiatan berlangsung dengan aman dan lancar. (Red. Bagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia