DIRSUMDAHAN DITJEN POTHAN KEMHAN RI MENERIMA KUNJUNGAN DEPUTI KOMANDAN TERITORIAL NASIONAL ANGKATAN DARAT PERANCIS

Selasa, 21 Maret 2023

Jakarta (21 Maret 2023). Direktorat Sumber Daya Pertahanan Ditjen Pothan Kemhan menerima kunjungan Deputi Komandan Teritorial Nasional Angkatan Darat Perancis. Delegasi Angkatan Darat Perancis dipimpin oleh Brigjen Gilles Haberey yang didampingi oleh Atase Pertahanan Perancis, Kolonel Sven Meic, Ph.D,  Letkol Virginie Lotti dan Mayor Serge Demeillez. Sementara itu Dirsumdahan Ditjen Pothan Kemhan, Brigjen TNI Fahrid Amran SH., didampingi Staf Ditsumdahan serta Letkol (Tit) Deddy Corbuzier. Tujuan kunjungan Brigjen Haberey adalah untuk mengetahui tentang organisasi teritorial pertahanan nasional dan struktur komponen cadangan Indonesia.  Pemilihan Indonesia sebagai tempat study banding pengelolaan komponen cadangan berawal dari kunjungan Atase Pertahanan Perancis pada saat penetapan komponen cadangan tahun 2021 dan 2022. Mereka sangat terkesan dengan antusias masyarakat Indonesia, terutama generasi muda terhadap pertahanan negara.

Dalam paparannya Brigjen TNI Fahrid Amran, S.H., menjelaskan tentang Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta. Pemilihan strategi pembentukan komponen cadangan merupakan upaya mewujudkan kesadaran belanegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Sumber daya nasional dikelola dengan baik untuk digunakan dalam pertahanan negara. Regulasi pembentukan komponen cadangan adalah UU nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara dan telah dijabarkan dalam peraturan pelaksanaan berupa Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden serta Permenhan, sehingga komponen cadangan dapat dibentuk sejak tahun 2021.

Brigjen Gilles Haberey sangat mengapresiasi Indonesia dalam memilih strategi pembentukan komponen cadangan. Hal ini mengingat biaya yang dibutuhkan sangat efisien dan hasil yang dicapai optimal. Sejak berakhirnya era Perang Dingin, banyak negara Eropa yang menganggap kemungkinan perang terbuka sangat kecil, sehingga patriotisme warganegara dalam belanegara menurun. Perang Rusia dan Ukraina menyadarkan Perancis bahwa kesiapsiagaan untuk berperang harus selalu ditanamkan kepada seluruh warga negara agar selalu siap menghadapi ancaman. Brigjen Fahrid Amran, SH  menjelaskan bahwa upaya menumbuhkan kesadaran belanegara dan pembentukan komponen cadangan yang dilaksanakan secara masif melalui berbagai media, seperti media cetak, sosial, elektronik, film, pelibatan seluruh komando kewilayahan TNI, baik AD, AL, maupun AU untuk mendaftar sebagai komponen cadangan. Disamping itu pelibatan public figure seperti pengangkatan Duta Komponen Cadangan Deddy Corbuzier dalam sosialisasi kepada masyarakat sangat membantu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam belanegara, khususnya untuk mengikuti pembentukan komponen cadangan.  Pertemuan diakhiri dengan foto bersama.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia