RAPAT KOORDINASI TEKNIS KEVETERANAN REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT VETERAN DITJEN POTHAN KEMHAN TAHUN 2023

Rabu, 29 Maret 2023

Pada hari Rabu, tanggal 29 Maret 2023 Direktorat Veteran Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis Keveteranan Republik Indonesia  dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dalam melaksanakan pelayanan publik khususnya pelayanan administrasi Keveteranan Republik Indonesia dan menyelaraskan rencana kegiatan di tahun 2023.   Kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Keveteranan Republilk Indonesia dilaksanakan secara daring/zoom meeting yang diikuti oleh para Kababinminvetcaddam, Diswatpersal, Diswatpersau, SSDM Polri, PMPP TNI dan Kaminvet seluruh Indonesia.

Pada kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Keveteranan Republik Indonesia  ini Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta rapat dan menyampaikan bahwa Ditjen Pothan Kemhan memiliki peranan penting dalam mewujudkan pertahanan negara yang kuat, tangguh dan mandiri melalui pengembangan teknologi dan Industri pertahanan, melaksanakan pembinaan kader bela negara yang bekerja sama dengan Kementerian dan Lembaga lain yang terkait. Kemudian melaksanakan pembentukan Komponen Cadangan Matra Darat, Laut dan Udara, dimana pada tahun 2023 ini akan dibentuk sebanyak 2.500 Komponen Cadangan.  Dibidang keveteranan akan tetap mendorong pembuatan aplikasi Sistem Informasi Veteran dalam pengurusan administrasi Calon Veteran.  Dalam kegiatan Rakornis ini disampaikan beberapa penekanan oleh Dirjen Pothan Kemhan sebagai berikut:

  1. Pedomani peraturan perundang-undangan tentang Veteran Republik Indonesia.           Penyaringan Calon Veteran Republik Indonesia dilaksanakan dengan cermat dan teliti agar tidak menimbulkan permasalahn di kemudian hari.
  2. Pahami dan kenali tugas pokok Badan Pembina Administrasi Keveteranan. Cari tugas terkandung dan kembangkan kreatifitas serta inovasi dalam kegiatan.
  3. Hindari pungutan kepada Calon Veteran Republik Indonesia.
  4. Pelihara dan wujudkan kerja sama antara stakeholder/pemangku kepentingan Pembina Administrasi Veteran yang terkait.

Sementara itu Direktur Veteran Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Heri Pribadi menyampaikan evaluasi kegiatan tahun 2022 dan rencana kegiatan pada tahun 2023, dengan mengoptimalkan mekanisme litring di Tim Penyaringan Tingkat II dan I karena masih terdapat pengajuan Calon Veteran Republik Indonesia yang administrasinya tidak memenuhi syarat. Kemudian cermati dengan teliti identitas diri Calon Veteran Republik Indonesia untuk menghindari terjadinya pengajuan ralat Administrasi Veteran Republik Indonesia.    Rapat juga menghadirkan Bapak Maryono, Services Departement Head PT. Taspen (Persero) sebagai narasumber yang menyampaikan Regulasi Kementerian Keuangan Republik Indonesia tentang Veteran Republik Indonesia dan Tata Kelola PT Taspen (Persero) dalam pelayanan kepada Veteran Republik Indonesia.

Kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Keveteranan Republik Indonesia juga diisi dengan paparan oleh para Kasubdit di jajaran Direktorat Veteran Ditjen Pothan Kemhan, yaitu Kasubdit Komsos Kolonel Arh Eko Juni Kamtono, Kasubdit Minvet Kolonel Arh Eddy Endrayana, S.T. dan Kasubdit Data Kolonel Arh Eko Wibowo Kusrianto, S.E. yang memaparkan tentang pelayanan administrasi Veteran Republik Indonesia, pendataan Veteran Republik Indonesia, pengaduan masyarakat dan kegiatan pelaksanaan audiensi. (Red Bagdatin)

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia