“STRATEGI FIVE INTERDEPENDENT GOALS DEPARTEMEN PERTAHANAN AMERIKA SERIKAT UNTUK MERAIH FREEDOM OF ACTION DALAM SPEKTRUM ELEKTROMAGNETIK”

Selasa, 2 Mei 2023

Oleh : Gede Priana Dwipratama, S.E., M.M.

Analis Pertahanan Negara Ahli Muda Set Ditjen Pothan Kemhan

Departemen Pertahanan Amerika Serikat memandang perkembangan Electromagnetic Spectrum (EMS) sebagai tantangan baru dalam memperkuat dominasinya baik di darat, laut, udara dan domain baru medan pertempuran. Tantangan ini mendorong perubahan pendekatan aktivitas EMS untuk tetap mempertahankan keunggulan Amerika Serikat (superiority) dalam semua domain pertempuran. EMS juga telah melampaui ruang pertempuran militer dan turut berperan dalam teknologi broadband seluler komersial dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran Rakyat Amerika Serikat. Lingkungan operasional EMS menjadi semakin padat, diperebutkan dan dibatasi (kompleks). Hal ini berkembang sebagai bentuk kompetisi teknologi, baik sipil maupun militer. Keunggulan, kapabilitas dan penguasaan teknologi EMS diharapkan juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan keamanan nasional Amerika Serikat serta meminimalisir terjadinya serangan EMS.

Amerika Serikat juga membuka peluang koalisi dan mitra secara komersial untuk meningkatkan Elctromagnetic Operational Environment (EMOE). Peningkatan sharing the spectrum akan memicu pengembangan kapabilitas dan teknik baru serta integrasi antara Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan berbagai pihak mitra, baik militer maupun sipil. Hal ini berperan juga dalam peningkatan efisiensi dan keunggulan spektrum. Tujuan strategis pengembangan keunggulan EMS bagi Amerika Serikat adalahbertambahnya kemampuan mengintegrasikan fungsi tradisional Electromagnetic Spectrum Management (EMSM) dengan Electromagnetic Warfare (WF) dalam wadah Electromagnetic Spectrum Operations (EMSO). Kebebasan penentuan waktu dan parameter EMS dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan suatu operasi dalam semua domain pertempuran. Diharapkan pada tahun 2030 ke atas, Militer Amerika Serikat telah siap dan unggul dalam teknologi EMS. Keunggulan tersebut juga diharapkan dapat menciptakan kondisi yang mensukseskan pembatasan EMOE.

Penulisan ini dimaksudkan untuk mengetahui strategi Amerika Serikat dalam mengembangkan kemampuan spektrum elektromagnetik dan bertujuan untuk mempublikasikan hasil tinjauan literatur (library research) dengan sumber terbatas pada U.S. Departement of Defense Electromagnetic Spectrum Superiority Strategy 2020. Hasil penulisan ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan rekomendasi dalam Kebijakan Pertahanan Negara Republik Indonesia terkait spektrum elektromagnetik bidang Industri Pertahanan dengan benchmark dari Amerika Serikat.

Peningkatan kemampuan Departemen Pertahanan Amerika Serikat demi mencapai freedom of action lingkup spektrum elektromagnetik dipandang penting untuk meraih keuntungan semua domain, baik bagi pasukan sekutu dan mitra Amerika Serikat. Dalam mencapainya, Departemen Pertahanan Amerika Serikat berfokus pada Five Interdependent Goals antara lain:

  1. Pengembangan Keunggulan Kapabilitas EMS (Goal 1). Dalam mengembangkan keunggulan kapabilitas EMS, Departemen Pertahanan Amerika Serikat memiliki tujuan antara lain:

  1. Meningkatan teknologi yang memungkinkan Systems to Sense, Assess, Share, Maneuver and Survive dalam kompleksitas EMOE.

  2. Penggunaan pendekatan komprehensif untuk memperoleh kemampuan EMS yang cocok dalam Great Power Competition.

  3. Dapat memberikan manfaat dan beradaptasi dengan teknologi komersial.

  4. Mengembangkan Kapabilitas Electronic Battle Management (EMBM).

  5. Meningkatkan Kapabilitas EMS yang mampu mengganggu elektromagnetik pihak musuh.

  1. Pengembangan agilitas atau kelincahan pada Infrastruktur EMS yang sepenuhnya telah terintegrasi (Goal 2). Dalam mengembangkan agilitas atau kelincahan pada Infrastruktur EMS yang sepenuhnya telah terintegrasi, Departemen Pertahanan Amerika Serikat memiliki tujuan antara lain:

  1. Percepatan hasil Integrasi Informasi EMS menjadi Perencanaan dan Pengoperasian.

  2. Membangun intelijen khusus dalam mencapai keunggulan EMS.

  3. Menetapkan dan mengelola arsitektur dan standar yang dapat mendukung tercapainya interoperabilitas, efisiensi dan pembagian informasi.

  4. Modernisasi EMS Live, Virtual, Constructive (LVC), Infrastruktur untuk Testing, Pelatihan dan Analisis.

  1. Mengejar kesiapan Total Force EMS (Goal 3). Departemen Pertahanan Amerika Serikat mempersiapkan indoktrinasi EMS Core Concepts dengan tujuan antara lain:

  1. Melatih dan mempertahankan keahlian personel militer di bidang EMS.

  2. Memasukan konsep dan doktrin EMS ke dalam pendidikan formal.

  3. Mengevaluasi dan melacak kesiapan EMS.

  1. Mengamankan kemitraan jangka panjang demi keuntungan EMS (Goal 4). Amerika

Serikat memandang kuatnya aliansi internasional dan kemitraan sebagai pondasi dalam eksekusi kompleksitas misi global dan peningkatan efektifitas operasi yang menggunakan EMS. Tujuan dari Goal 4 antara lain:

  1. Meningkatkan kepemimpinan Amerika Serikat dalam Forum Internasional.

  2. Meningkatkan Akses, Interoperabilitas dan Kapasitas dengan Aliansi dan Mitra.

  3. Meningkatkan kepemimpinan dalam proses domestik yang melibatkan gedung putih, kongres, the State Departement, the National Telecommunications and Information Administration (NTIA), the Federal Communications Commission (FCC), other federal departement and agencies, akademisi dan industri untuk memastikan posisi kepemimpinan Departemen Pertahanan Amerika Serikat terhadap penggunaan EMS baik oleh pemerintah maupun komersial.

  1. Mencapai Pemerintahan yang berbasis EMS secara Efektif (Goal 5). Dalam mencapai penyelenggaraan pemerintah dengan menggunakan EMS secara efektif, Amerika Serikat memiliki tujuan antara lain:

  1. Menyatukan aktivitas perusahaan yang berbasis EMS dalam satu departemen.

  2. Mengembangkan budaya peningkatan proses berkelanjutan untuk menciptakan a long lasting culture of innovation, empowerment and improvement.

  3. Mengembangkan, mengharmonisasi dan menyediakan peraturan yang mendukung Departemen Pertahanan Amerika Serikat dalam peningkatan kapabilitas EMS dan pengoperasiannya.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat menghadapi tantangan baru dalam mempertahankan dominasinya di bidang EMS, sekaligus sebagai bagian dalam peningkatan kompleksitas EMOE. Kerawanan atau kerentanan penggunaan EMS menjadi semakin rumit dan mudah dicapai oleh pihak musuh, hal ini turut dipandang sebagai ancaman bagi Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Kecanggihan teknologi komersial berkembang pesat dengan penggunaan perangkat wireless dan mengikis kebebasan penggunaan EMS oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Di saat yang sama, Amerika Serikat tengah meningkatkan penggunaan spektrum elektromagnetik untuk operasi militer, uji coba peralatan pertahanan dan pelatihan personel dalam advanced warfighting capabilities.

Menjawab berbagai tantangan untuk meraih Freedom of Actiondalam Spektrum Elektromagnetik, Departemen Pertahanan Amerika Serikat secara aktif meningkatkan kemampuannya mulai dari perencanaan hingga pengontrolan operasi militer menggunakan teknologi canggih EMS. Hal ini demi meyakinkan EMS tetap menjadi superioritas bagi Amerika Serikat. Departemen Pertahanan Amerika Serikat juga secara proaktif mengadakan pertemuan dengan pembuat peraturan dan kebijakan terkait spectrum beserta mitra-mitra strategis. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar peraturan dan kebijakan tersebut selalu mendukung kebutuhan dalam meningkatan kapabilitas EMS. Selain itu, juga memastikan posisi Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai pemimpin dalam penggunaan EMS baik oleh pemerintah maupun komersial. EMS dipandang sebagai hal yang sangat strategis dan kritikal demi mensukseskan seluruh misi pertempuran masa depan Amerika Serikat, sekutu, beserta negara-negara yang menjadi mitranya.

DAFTAR PUSTAKA

U.S. Departement of Defense Electromagnetic Spectrum Superiority Strategy 2020.

U.S. National Security Strategy 2017 quotationOur task is to ensure that American military superiority endures, and in combination with other elements of national power, is ready to protect Americans against sophisticated challenges to national security”.

Strategy for America’s Future, October 25, 2018, Presidential Memorandum on Developing a Sustainable SpectrumquotationIt is the policy of the United States to use radiofrequency spectrum as efficiently and effectively as posibble to help meet our economic, national security, science, safety, and other Federal mission goals now and in the future”.

Summary of the 2018 National Defense Strategy: Sharpening the American Military’s Competitive Advantages.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia