SIDANG PENENTUAN AKHIR (PANTUKHIR) SELEKSI TINGKAT PUSAT PENERIMAAN KOMPONEN CADANGAN (KOMCAD) TA. 2023

Jumat, 5 Mei 2023

Jumat (05/05/23) Secara bersamaan Kementerian Pertahanan dalam hal ini Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan sidang Penentuan akhir (Pantukhir) seleksi tingkat pusat penerimaan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat, Matra Laut dan Matra Udara di 6 (enam) wilayah Indonesia yaitu Kodam I/BB Medan (Matra Darat), Kopasgat Bandung (Matra Udara), Kodikmar Surabaya (Matra Laut), Kodam IX/Udayana Bali (Matra Darat), Kodam XIII/Merdeka Manado (Matra Darat) dan Kodam XVIII/Kasuari Manokwari (Matra Darat) .

Sidang penentuan akhir (Pantukhir) tingkat pusat seleksi Komponen Cadangan (Komcad) Matra Laut dipimpin oleh Aspotmar Kasal Mayjen TNI Marinir Nur Alamsyah beserta Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha, bertempat di Kodikmar Kodiklatal, Surabaya, dihadiri antara lain Ses Ditjen Pothan Kemhan Laksma TNI Sri Yanto, S.T., Waaspotmar Kasal Laksma TNI Ali Triswanto, Kadispotmar Laksma TNI Suradi Agung S., Dirdik Kodiklatal Laksma TNI Ariantyo Condrowibowo, dan Ketua Panitia yaitu Paban II Puanpotmar Spotmaral Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, serta beberapa pejabat terkait.

Aspotmar Kasal menyampaikan bahwa dari proses seleksi diperoleh gambaran kapasitas dari para calon Komponen Cadangan (Komcad) Matra Laut. Sidang komisi pantukhir ditujukan untuk melakukan penilaian secara langsung dan mendetail serta menggali lebih jauh kompetensi dan kapasitas para calon Komponen Cadangan (Komcad) Matra Laut yang layak diterima untuk menjadi Komcad Matra Laut. Dari jumlah peserta sebanyak 750 orang selanjutnya akan diseleksi dan diterima sebagai peserta Latsarmil sebanyak 500 orang.

Aspotmar Kasal juga menyampaikan pedoman dalam sidang panpus Pantukhir kali ini yakni, selektif, dengan menggunakan data rekap hasil seleksi yang disajikan oleh tim seleksi yang mengutamakan aspek kualitas, objektif, dalam pelaksanaan proses pemilihan calon Komcad juga memperhatikan data real hasil seleksi tanpa adanya campur tangan atas kepentingan pribadi atau pihak-pihak tertentu, serta adil. Dalam pelaksanaan seleksi diberikan kesempatan yang sama bagi seluruh peserta seleksi namun dalam proses pemilihan calon didasarkan pada kualitas dan ranking.

 Sementara di tempat lain Pelaksanaan kegiatan Pantukhir seleksi Komcad di Kodam I/BB Medan dipimpin oleh Kasdam I/BB Brigjen TNI Rifky Nawawi, S.E., S.IP. yang didampingi Direktur Veteran Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Heri Pribadi. Dari jumlah peserta sebanyak 750 orang selanjutnya akan diseleksi dan diterima sebagai peserta Latsarmil Komcad Matra Darat sebanyak 500 orang.

Untuk kegiatan Pantukhir di Kopasgat Bandung dipimpin oleh Aspotdirga Kasau Marsda TNI Andi Wijaya yang didampingi Direktur Teknologi dan Industri Pertahanan Ditjen Pothan Kemhan Marsma TNI Ir. Wajariman, M.Sc. Dari jumlah peserta sebanyak 750 orang selanjutnya akan diseleksi dan diterima sebagai peserta Latsarmil Komcad Matra Udara sebanyak 500 orang.

Sedangkan kegiatan Pantukhir seleksi Komcad di Kodam IX/Udayana Bali dipimpin oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono, S.H., M.Si., M.Tr (Han) didampingi Direktur Sumber Daya Pertahanan Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Fahrid Amran, S.H. Dari jumlah peserta sebanyak 750 orang selanjutnya akan diseleksi dan diterima sebagai peserta Latsarmil Komcad Matra Darat sebanyak 500 orang.

Selanjutnya kegiatan pantukhir seleksi Komcad di Kodam XIII/Merdeka Manado dipimpin oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, S.Sos, M.Si., Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Sarwono, B.Sc., S.I.P., PSC, Pati Sahli Kasad Brigjen TNI Erdy Lumintang, Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Endra Saputra Kusuma Z.R., S.E., M.Si., M.Han., serta Asisten dan Pejabat lain di jajaran Kodam XIII/Merdeka. Dari jumlah peserta sebanyak 450 peserta selanjutnya akan diseleksi dan diterima sebagai peserta Latsarmil Komcad Matra Darat sebanyak 300 orang.

Rangkaian terakhir kegiatan Pantukhir seleksi Komcad yaitu di Kodam XVIII/Kasuari Manokwari yang dipimpin oleh Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Yusuf Ragainaga didampingi Kasubdit Rendia Ditsumdahan Ditjen Pothan Kemhan Kolonel Arm Rudi Setiawan, S.IP. Dari jumlah peserta sebanyak 300 orang selanjutnya akan diseleksi dan diterima sebagai peserta Latsarmil Komcad Matra Darat sebanyak 200 orang.

Dari semua peserta yang lulus seleksi selanjutnya akan mengikuti acara pembukaan Latsarmil secara bersamaan di masing-masing wilayah pada hari Senin 8 Mei 2023. Pelaksanaan sidang Pantukhir seleksi Komcad TA. 2023 berjalan dengan tertib, aman dan lancar. (Red Bagdatin)

Dokumentasi kegiatan seleksi Penentuan Akhir (Pantukhir) Komponen Cadangan (Komcad) TA. 2023

  1. Kodam I/Bukit Barisan Medan

  2. Kopasgat Bandung

Kodikmar Surabaya

Kodam IX/Udayana Bali

Kodam XIII/Merdeka Manado

Kodam XVIII/Kasuari Manokwari

 

 

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia