UPACARA PEMBUKAAN LATIHAN DASAR MILITER (LATSARMIL) KOMPONEN CADANGAN (KOMCAD) TA. 2023

Senin, 8 Mei 2023

Senin (08/05/23). Sebanyak 200 siswa Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat mengikuti Upacara Pembukaan Latihan Dasar Militer (Latsarmil) yang digelar di Makodam VIII/Ksr, Manokwari. Program pendidikan pelatihan dasar kemiliteran ini rencananya akan dilaksanakan selama 3 bulan bertempat di Rindam VIII/Ksr. Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) didampingi Pangdam XVIII/Ksr Mayjen TNI Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos. upacara pembukaan dihadiri oleh Kapolda Papua Barat, Waaster Kasad bid Wanwil, Kasdam VIII/Ksr, Irdam VIII/Ksr, Para Asisten dan Kabalak Kodam VIII/Ksr serta Danrindam VIII/Ksr.

Dalam amanat Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto yang dibacakan oleh Dirjen Pothan Kemhan dijelaskan bahwa pembentukan Komcad merupakan salah satu implementasi dari Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) yang dianut oleh Indonesia. Dalam sistem tersebut, seluruh elemen masyarakat dapat berperan untuk menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia. Bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab Kemhan dan TNI, akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa.

Lebih lanjut dikatakan bahwa perkembangan dinamika lingkungan strategis bergerak sangat dinamis dan membawa dampak pada potensi ancaman pertahanan dan keamanan negara, untuk mewujudkan kekuatan pertahanan negara yang handal Indonesia membutuhkan pasukan-pasukan yang hebat. Oleh karena itu penerapan strategi Sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata) adalah tepat, strategi ini diyakini mampu menangkal segala bentuk ancaman yang mungkin terjadi, dengan melibatkan seluruh komponen bangsa.

Selain di Kodam VIII/Ksr Manokwari, upacara pembukaan Latsarmil secara bersamaan dilaksanakan di 5 (lima) wilayah di Indonesia yaitu:

  1. Kodam I/BB Medan, bertindak sebagai Irup Pangdam I/BB Mayjen TNI A. Daniel Chardin, S.E., M.Si dengan didampingi Direktur Veteran Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Heri Pribadi dan dihadiri Kapok Sahli Pangdam I/BB, Danrindam I/BB, Danrem 022/PT, Danrem 023/KS, Para Kabalakdam I/BB dan Forkopimda serta calon anggota Komcad sebanyak 500 orang.

  1. Kopasgat Bandung, bertindak sebagai Irup Komandan Kodiklatau Marsdya TNI Tedi Rizalihadi S, M.M. Kegiatan yang dilaksnakan di Lapangan Jingga Mako Kopasgat Lanud Sulaiman Bandung ini dihadiri oleh Direktur Teknologi dan Industri Pertahanan Ditjen Pothan Kemhan Marsma TNI Ir. Wajariman, M.Sc. serta Pejabat di jajaran TNI, Forkopimda dan Kalangan BUMN dan BUMD. Peserta calon Komcad yang mengikuti kegiatan Latsarmil dari Matra udara ini sebanyak 500 orang.
  1. Kodikmar Surabaya, bertindak sebagai Irup Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letjen TNI (Mar) Suhartono dengan didampingi Sesditjen Pothan Kemhan Laksma TNI Sri Yanto, S.T. membuka secara resmi Pendidikan Latsarmil calon Komcad Matra Laut. Turut hadir dalam kegiatan ini Pejabat di jajaran TNI AL serta Forkopimda. Peserta calon Komcad yang mengikuti kegiatan Latsarmil dari Matra Laut sebanyak 500 orang yang terdiri dari 450 orang pria dan 50 orang wanita.

  1. Kodam IX/Udayana Bali, bertindak selaku Irup Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono, S.H., M.Si., M.Tr (Han) dengan didampingi Direktur Sumber Daya Pertahanan Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Fahrid Amran, S.H., kegiatan Latsarmil dilaksanakan di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana dihadiri Pejabat Mabes TNI AD, Kodam IX/Udy, Polda Bali, Pemda Bali dan perwakilan perusahaan di Provinsi Bali. Peserta calon Komcad yang mengikuti kegiatan Latsarmil dari Matra Darat ini sebanyak 500 orang yang berasal dari ASN/Instansi Pemerintah dan Swasta, Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, maupun warga negara lain (umum).

  1. Kodam XIII/Merdeka Manado, bertindak selaku Irup Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta, S.Sos., M.Si., didampingi Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Sarwono, B.Sc., S.IP., PSC. membuka secara resmi Pendidikan Latsarmil calon Komcad Matra Darat. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Hitam Secata Rindam XIII/Mdk di Bitung, Sulawesi Utara dihadiri oleh para Pejabt di lingkungan TNI/Polri dan Forkopimda Kabupaten/Kota. Peserta calon Komcad yang mengikuti kegiatan Latsarmil dari Matra Darat ini sebanyak 300 orang.

Sebelum mengakhiri kegiatan pembukaan Latsarmil, Dirjen Pothan Kemhan menyampaikan harapan semoga kegiatan Pendidikan Latsarmil selama 3 bulan yang dilaksanakan di 6 (enam) wilayah di Indonesia ini dapat berjalan dengan baik sehingga outcome-nya anggota Komponen Cadangan menjadi role model di lingkungannya. (Red Bagdatin)

DOKUMENTASI KEGIATAN PEMBUKAAN PENDIDIKAN LATSARMIL KOMCAD TA 2023

KODAM I/BB

KOPASGAT BANDUNG

KODIKMAR SURABAYA

KODAM IX/UDAYANA BALI

KODAM XIII/MERDEKA MANADO




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia