FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TINGKAT KOMPONEN DALAM NEGERI (TKDN)

Rabu, 24 Mei 2023

Jakarta, Rabu, 24-05-2023. Sesditjen Pothan Kemhan Laksma TNI Sri Yanto mewakili Kementerian Pertahanan sebagai narasumber dalam kegiatan FGD TKDN dengan tema “Penguatan Nilai TKDN Terhadap Pembangunan Kapal di Indonesia” di Ruang Garuda Lantai 2 Gedung Kementerian Perindustrian. FGD yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Ikatan Alumni Fakultas Teknologi Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini diikuti oleh pemangku kepentingan dari Kemhan, Kemenhub, Kemenperin, Perusahaan Pelayaran di Indonesia, IPPERINDO, Badan Usaha dan Klasifikasi, Akademisi, Galangan Kapal dan pelaku Industri Komponen Kapal Indonesia.

Pada kegiatan FGD ini Sesditjen Pothan Kemhan menyampaikan presentasi dengan judul “Rencana Peningkatan Penggunaan Komponen Dalam Negeri Perkapalan di Industri Pertahanan RI”. Tujuan dari FGD ini adalah sebagai wadah bagi para pemangku kepentingan untuk membicarakan peningkatan TKDN di pembangunan kapal baru sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing galangan nasional di dalam pembangunan bangsa. Narasumber yang lainnya selain Sesditjen Pothan Kemhan dari Kemenperin, Kemenhub, PT Surveyor Indonesia, BKI, PT PAL, dan P3DN.

Dalam pembukaan FGD Direktur IMATAP Ditjen ILMATE Kemenperin sebagai Keynote Speaker menyampaikan bahwa pembangunan kapal di sektor industri maritim juga berperan secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia. Peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di dalam produk industri perkapalan di Indonesia harus secara berkesinambungan dapat ditingkatkan. Sehingga dapat membantu perekonomian nasional dan penyerapan tenaga kerja produktif bangsa.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia