NGOPI DARING Episode 4 PASUKAN GARUDA PADA MISI PEMELIHARAAN PERDAMAIAN DUNIA

Senin, 5 Juni 2023

Salah satu tujuan negara yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 adalah bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Indonesia ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berdasar kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, yang diimplementasikan salah satunya dalam bentuk Pasukan Perdamaian Dunia. Pasukan Garuda merupakan satuan militer Indonesia yang terhormat dan berperan penting dalam misi pemeliharaan perdamaian dunia. Mereka berkomitmen untuk membangun stabilitas, mengawasi gencatan senjata, membantu dalam pembangunan masyarakat, serta mempromosikan perdamaian yang berkelanjutan. Partisipasi Pasukan Garuda adalah bentuk kontribusi Indonesia dalam menjaga stabilitas dan keamanan internasional, serta menjadi pahlawan yang melindungi dan memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan.

Pada episode 4 Ngopi Daring Bela Negara kali ini pada tanggal 25 April 2023, selaku Host Letkol Tituler Deddy Corbuzier, mengupas tentang seluk beluk keterlibatan TNI dalam mengemban tugas Misi Pemeliharaan Perdamaian Dunia dengan para  narasumber adalah Marsda TNI Benedictus Benny K., S.H., MAvMgt., MAIR selaku Komandan PMPP TNI periode tahun 2021-2023, Mayjen TNI (Purn) Victor H. Simatupang, M.Bus selaku Komandan PMPP TNI periode tahun 2018-2021, Letjen TNI (Purn) R. Ediwan Prabowo, S.I.P selaku Komandan Sektor di Kuwait periode tahun 2001-2002,  Laksda TNI (Purn) Willem Rampangilei selaku Mantan Penasehat Militer, dan Laksamana Pertama TNI Retiono Kunto selaku Komandan PMPP TNI saat ini.

Pada kesempatan itu disampaikan beberapa hal terkait dengan  proses rekrut personel TNI untuk melaksanakan tugas pada misi PBB, baik perorangan maupun tugas dalam hubungan  satuan tugas tingkat Kompi maupun Batalyon, pengalaman selama bertugas di PBB, seperti di Kamboja, Headquerters of the United Nations, serta kontribusi TNI untuk melaksanakan tugas pada misi PBB, baik tugas sebagai military observer, military staff, satuan tugas tingkat Kompi dan Batalyon.

Kegiatan ngopi daring episode 4 diakhiri dengan pemberian piagam penghargaan sebagai narasumber oleh Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Sarwono, B.Sc., S.I.P., PSC. (Red Bagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia