WEBINAR LATSARMIL KOMPONEN CADANGAN 2023

Kamis, 15 Juni 2023

Jakarta, 15 Juni 2023.  Tugas dan fungsi Ditjen Pothan yaitu menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan dibidang Potensi Pertahanan meliputi sumber daya pertahanan, sumber daya manusia pendukung pertahanan, teknologi industri pertahanan dan teknologi informasi komunikasi pertahanan. Dalam rangka Pembentukan Komponen Cadangan TA. 2023, Ditjen Pothan menyelenggarakan Rapat secara daring tentang Perkembangan Latsarmil Komponen Cadangan. Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT. memimpin acara tersebut yang dihadiri oleh para pejabat dari Ditjen Pothan Kemhan, Sterad, Spotmaral, Spotdirga,  Rindam I, IX, XIII, XVIII,  Kodikmar dan Wingdik 800/Pasgat.

Dalam kesempatan tersebut para Danrindam/Dansatdik, Dankodikmar, Danwingdik 800/Pasgat diberi kesempatan untuk menyampaikan laporan singkat perkembangan Latsarmil tentang kondisi awal siswa (jumlah siswa, Data pendidikan dan Profesi), mata pelajaran yang telah, sedang dan akan diajarkan, laporan evaluasi perkembangan siswa tentang kemampuan jasmani dan pendidikan, rencana demontrasi yang akan ditampilkan pada upacara Penetapan Komponen Cadangan di Pusdiklatpassus Batujajar serta melaporkan hal-hal menonjol selama Latsarmil. Dirjen Pothan  berupaya untuk memberikan dukungan pembangunan, perbaikan dan peningkatan sarana prasarana yang ada di Satdik serta bantuan kendaraan untuk mendukung Latsarmil Komponen Cadangan.

Beberapa penekanan yang disampaikan Dirjen Pothan antara lain:

  1. Perhatikan faktor keamanan personel terutama pada saat latihan yang memerlukan pengawasan melekat.
  2. Rencanakan penarikan Wabku dan kelola anggaran dengan baik.
  3. Alokasikan penggunaan amunisi untuk Latbakjatri dengan tertib dan sisakan untuk digunakan saat latihan pembulatan.
  4. Siapkan dan rencanakan kegiatan demontrasi dengan baik, utamakan kearifan lokal setempat.
  5. Hasil keluaran Latsarmil tergantung Satdik untuk dapat membentuk sikap mental dan jiwa merah putih serta bagaimana mereka dapat terus lanjut sebagai mitra (Bapulket)
  6. Lebih kreatif dalam Binsat dan buat tradisi satuan untuk membangun jiwa korsa.



Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia