KEGIATAN SOSIALISASI BELA NEGARA DI SMKN 4 PANDEGLANG PROVINSI BANTEN

Senin, 19 Juni 2023

Jakarta, 19 Juni 2023. Salah satu tugas dan fungsi Direktorat Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan adalah menyelenggarakan sosialisasi dan desiminasi Bela Negara di lingkungan pendidikan mulai dari tingkat PAUD sampai perguruan tinggi dan pengkaderan Bela Negara mulai setingkat pelajar SLTA/sederajat sampai dengan mahasiswa.

Dalam rangka sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) ditingkat SLTA, Kasubdit Lingdik Direktorat Bela Negara mewakili Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan bekerjasama dengan Direktur Eksekutif Upskilling Start Up Development Center (USDC) Indonesia wilayah Provinsi Banten telah melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang PKBN di SMKN 4 Pandeglang Provinsi Banten. Kasubdit Lingdik Direktorat Bela Negara Ditjen Pothan, Kolonel Marinir Rachmat Djunaidy menjadi narasumber dalam acara sosialisasi tersebut. Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Eksekutif USDC, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandegalang Provinsi Banten, Wakil Kepala Sekolah SMKN 4 Pandeglang, para guru sekolah SMKN 4 Pandeglang, para siswa kelas 10 dan 11 serta perwakilan orang tua siswa SMKN 4 Pandeglang.

Dalam kesempatan tersebut Kasubdit Lingdik memberikan paparan tentang PKBN, dengan harapan agar Kepala Sekolah, guru dan siswa SMKN 4 Pandeglang memahami pentingnya program Bela Negara bagi pembentukan karakter bangsa dalam menghadapi tantangan global. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab materi Bela Negara. Dalam sesi tanya jawab Kasubdit Lingdik memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan peserta, sehingga peserta dapat memahami PKBN sesuai dengan Permenhan Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pedoman Pembinaan Kesadaran Bela Negara dan Permenhan Nomor 9 Tahun 2022 tentang Kader Bela Negara dan Fasilitator Bela Negara.

Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan beberapa penekanan oleh Kasubdit Lingdik antara lain:
1. Pentingnya pembentukan karakter siswa yang tangguh dalam menghadapi tantangan global.
2. Siapkan dan rencanakan pengkaderan Bela Negara untuk para siswa disetiap sekolah SMK di Provinsi Banten.
3. Direktorat Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan siap menjadi fasilitator disetiap kegiatan PKBN.
4. Kegiatan PKBN bisa juga menghadirkan orang tua siswa agar mereka juga memahami pentingnya kesadaran Bela Negara.
5. Adanya kreatifitas tiap sekolah dalam membentuk sikap mental dan jiwa merah putih sehingga nilai dasar Bela Negara tertanam di hati para siswa.

DOKUMENTASI KEGIATAN

 

 

 

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia