ARTICLE KUNJUNGAN DELEGASI CHIEF OF LOGISTIC OF THE ARMY ZIMBABWE DEFENCE FORCE KE INDUSTRI PERTAHANAN INDONESIA JAKARTA DAN BANDUNG TANGGAL 17 S.D. 26 JUNI 2023

Sabtu, 24 Juni 2023

Zimbabwe Defence Force (ZDF) merupakan Angkatan bersenjata negara Zimbabwe yang terletak di Afrika bagian selatan yang mana negara ini terkurung dengan daratan yang memiliki luas total 390.760 Km2 (150.873 miles). Ketertarikan ZDF untuk berkunjung ke industri pertahanan Indonesia dalam rangka pemenuhan kebutuhan militernya dan ini merupakan sebagai wujud tindaklanjut hasil kunjungan pada pelaksanaan The 9th Indo-Defence and Forum di Jakarta pada bulan November 2022.

Potensi kerjasama dengan Zimbabwe dimana Armed Force Zimbabwe (AFZ) telah melaksanakan beberapa kali kunjungan ke industri pertahanan Indonesia yang didampingi oleh Bpk. Duta Besar untuk Zimbabwe dan Athan RI di Pretoria Kolonel Mar Burhan terkait beberapa produk kedirgantaraan yang ada di PTDI dan PT. NTP. Kunjungan kali ini dilaksanakan kembali oleh Chief of Ligistic Defence Forces Zimbabwe Major General HT Dube selaku Head of Delegation untuk mengidentifikasi beberapa industri dan pabrik yang memiliki kapasitas dalam Clothing material dan military hardware serta diskusi tentang mekanisme pembayaran dan teknik pengiriman.

Kunjungan Delegasi Zimbabwe Defence Forces tiba di Jakarta pada tanggal 17 Juni yang dihadiri oleh 6 orang personel terdiri dari Mayor Jenderal HT Dube, Colonel L Mutsvangwa, Kolonel (Retd) O Tokoda, Letkol I Dube, Letkol LT Mubaira dan Major Wilbert Ravhu, yang mana Delegasi tersebut merupakan perwakilan dari Kementerian Pertahanan Zimbabwe, Headquarter Defence of Zimbabwe, Department Research and Development of Zimbabwe dan didampingi oleh satu orang personel dari Zimbabwe Ambassy Ms. Viola Matongorere, Acting Ambassador Zimbabwe untuk Indonesia. Delegasi Kembali ke Zimbabwe tanggal 26 Juni 2023.

Agenda kunjungan ke industri pertahanan Indonesia dilaksanakan dari tanggal 19 Juni s.d. 24 Juni 2023. Dengan agenda 11 industri pertahanan yang dikunjungi, sebagai berikut: a) Tanggal 19 Juni 2023 ke PT. Batanghari Sukses Makmur. b) Tanggal 20 Juni 2023 di PT. Pindad, PT. Dirgantara Indonesia, dan PT. Nusantara Turbin Propulsi. c) Tanggal 21 Juni 2023 di PT. Langit Biru Parasut dan PT. Gajah Mitra Paragon. d) Tanggal 22 Juni 2023 di PT. Tesco Indomaritim dan PT. Molay Satrya Indonesia. dan e) Tanggal 24 Juni 2023 di PT. Farin Satrya Indonesia.

Hasil kunjungan tersebut telah menghasilkan kesepakatan bagi Chief Logistic of Army ZDF terhadap beberapa produk industri pertahanan Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan perlengkapan militernya. Kunjungan ini menjadi peluang besar bagi industri pertahanan Indonesia dalam memajukan produk-produk unggulan mereka dan membuka lebar peluang bisnis antara Indonesia – Zimbabwe.

Kunjungan Delegasi Zimbabwe ke PTDI

Kunjungan Delegasi Zimbabwe ke PT. Tesco Indomaritim

Kunjungan Delegasi Zimbabwe ke PT. Batanghari Sukses Makmur

Kunjungan di PT. Pindad (Persero)

Kunjungan di PT. Dirgantara Indonesia

Kunjungan di PT. Nusantara Turbin dan Propulsi

Kunjungan di PT. Ridho Agung Mitra Abadi (J-Force)

Kunjungan di PT. Farin Industri Nusantara

Kunjungan di PT. Surya Sentra Ekajaya

Kunjungan di PT. Gajah Mitra Paragon

Kunjungan di PT. Langit Biru Parasut




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia