ARTICLE “THE 54TH PARIS AIR SHOW 2023” TANGGAL 19 – 25 JUNI 2023 di LE BOURGET, PRANCIS

Senin, 26 Juni 2023

Pameran International Paris Air Show adalah pameran penerbangan dan kedirgantaraan internasional, yang diselenggarakan setiap dua tahun oleh Salon International de L’Aeronautique et de L’Escape (SIAE), anak perusahaan French Aerospace Industries Association (GIFAS), Asosiasi industri Dirgantara Prancis. Event ini merupakan salah satu pertunjukan udara tertua dan terbesar di dunia dimana menampilkan teknologi terbaru dari industri kedirgantaraan, pesawat ruang angkasa, satelit dan telekomunikasi dan peralatan terkait, termasuk mesin pesawat, teknologi navigasi satelit serta sistem persenjataan lainnya.

Pameran ini merupakan kegiatan yang ke 54 yang dimulai dari tanggal 19 – 25 Juni 2023 yang mencakup 4 hari Trade Day, dan 2 hari Public Day. Pameran ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1915. Adapun Side Event pada PARIS AIR SHOW 2023 diantaranya :

a. The widest offer in the word for the aerospace industry

b. Aerospace Meeting.

c. Paris Air Lab.

d. Paris Air Mobility

Kegiatan Paris Airshow Exhibition ini juga dihadiri oleh Menhan RI Prabowo Subianto yang didampingi Kabaranahan Kemhan Marsda TNI Yusuf Jauhari, M.Eng beserta beberapa tamu undangan dari Mabes TNI dan Angkatan.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT. yang terdiri dari Perwakilan Kemhan RI, Perwakilan Industri Pertahanan Indonesia sebagai pengunjung (visitor) diantaranya PT LEN, PT Dirgantara Indonesia dan PT Infoglobal Teknologi Semesta serta pavilion Indonesia yang menampilkan Event Organizer Indo Defence 2024 Expo & Forum PT. Napindo Media Ashatama.

Dirjen Pothan Kemhan bersama delegasi lainnya selama kegiatan Exhibition Paris Air Show di Le Bourget Paris melaksanakan kunjungan kepada beberapa industri Pertahanan Prancis diantaranya Thales, KNDS, Eurosam, MBDA, dan Dassault serta juga melakukan pertemuan dengan Kallman Worldwide USA, Naval Group dan DGA Prancis.

Dengan Kallman Worldwide USA, Dirjen Pothan menyaksikan penandatanganan Agreement Signing Ceremonial antara Direktur PT. Napindo Media Ashatama dengan CEO Kallman Worldwide USA dalam rangka penguatan kerjasama penyelenggaraan Indo Defence 2024 Expo & Forum. Selanjutnya, pertemuan dengan Direktur DGA Prancis Brigjen Caroline Salahun adalah dalam rangka membahas kerja sama pertahanan Indonesia Perancis khususnya kerjasama industri pertahanan yang diwujudkan dalam forum pertemuan dalam waktu dekat ini ( Indonesia French Defense Dialogue– IFDD).

Dari beberapa potensi kerjasama industri pertahanan yang telah dibangun melalui kegiatan exhibition ini tentunya Kemhan RI berharap bahwa kedepannya dapat memajukan industri pertahanan Indonesia melalui peningkataan kerja sama yang sudah ada dan ataupun yang akan dilaksanakan secara bersama-sama untuk mendorong industri pertahanan Indonesia menjadi mandiri, modern dan berdaya saing di dunia international.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia