PELATIHAN DASAR KEMILITERAN (LATSARMIL) KOMPONEN CADANGAN TA. 2023 SECARA SERENTAK DI TUTUP

Senin, 31 Juli 2023

Senin (31/07). Sebanyak 500 siswa Komponen Cadangan (Komcad) Matra Laut mengikuti Upacara Penutupan Latihan Dasar Militer (Latsarmil) yang digelar di Lapangan Kesatrian Ewa Pangalila Kodikmar Surabaya yang selanjutnya akan bertolak ke Pusdiklatpassus Batujajar Bandung untuk mengikuti kegiatan latihan pembulatan dan Upacara Penetapan. Dankodiklatal Letjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) . Selain itu juga hadir SEVP PT. PAL, Aspotmar Kasal, Wadan Kodiklatal, Sesditjen Pothan Kemhan Laksma TNI Sri Yanto, S.T., Kaskogartap III/Sby, Kaskoarmada II, Seklem AAL, Ir Kodiklatal, Dan STTAL, Dankodikdukum serta Dan Kodikmar, para undangan serta keluarga Komcad Matra Laut.

Dalam amanatnya Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto, yang dibacakan oleh Inspektur Upacara mengapresiasi dan terima kasih atas kesiapan dan kerelaan saudara-saudara untuk ikut serta menjadi bagian dari Komponen Cadangan Pertahanan Negara. Kerelaan ini merupakan bukti tanggung jawab kita bersama akan pentingnya kesadaran bela negara bagi seluruh rakyat Indonesia. Mengingat, bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab Kemhan,TNI dan Polri namun menjadi tugas dan kewajiban kita semua sebagai warga negara Indonesia apapun latar belakang dan pekerjaan kita, kewajiban dan kesempatan yang sama untuk Bela Negara. Semoga setelah dilantik para anggota Komponen Cadangan dapat mengibarkan semangat bela negara dalam penerapan Sistem Pertahanan dan Keamanan rakyat semesta (Sishankamrata). Lebih lanjut dikatakan bahwa Komponen Cadangan harus siap untuk dimobilisasi sesuai dengan perintah Presiden RI dengan persetujuan DPR dengan komando dan kendalinya berada di Panglima TNI. Komcad bertugas memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama dalam menghadapi ancaman demi menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Selain di Kodikmar Surabaya, upacara penutupan Latsarmil secara bersamaan dilaksanakan di 5 (lima) wilayah di Indonesia yaitu:

  1. Kodam I/BB Medan, bertindak sebagai Irup Pangdam I/BB Mayjen TNI A. Daniel Chardin, S.E., M.Si dengan didampingi Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Sarwono, S.I.P., PSC. dan dihadiri Kapok Sahli Pangdam I/BB, Danrindam I/BB, Danrem 022/PT, Danrem 023/KS, Para Kabalakdam I/BB dan Forkopimda, para undangan lainnya serta anggota Komcad sebanyak 500 orang.

  2. Kodam IX/Udayana Bali, bertindak sebagai Inspektur Upacara Irdam IX/Udayana Brigjen TNI Tatan didampingi Direktur Sumber Daya Pertahanan Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Fahrid Amran, S.H., Kegiatan penutupan pendidikan Latsarmil dilaksanakan di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana dihadiri Kapok Sahli Dam IX/Udy, Asisten Kodam IX/Udy, Polda Bali, Polda NTB, Dandim se Kodam IX/Udy, Pemda Bali, Pemda NTB dan perwakilan Menwa Ugrasena Bali. Anggota Komcad yang mengikuti kegiatan penutupan Latsarmil dari Matra Darat ini sebanyak 499 orang yang berasal dari ASN/Instansi Pemerintah dan Swasta, Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, maupun warga negara lain (umum).
  3. Kodam XIII/Merdeka Manado, bertindak sebagai Inspektur Upacara Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Mochamad Luthfie Beta, S.Sos., M.Si., didampingi Direktur Veteran Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Heri Pribadi. Brigjen TNI Mochamad Luthfie Beta, S.Sos menutup secara resmi Pendidikan Latsarmil Komcad Matra Darat. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Hitam Secata Rindam XIII/Mdk di Bitung, Sulawesi Utara dihadiri oleh para Pejabat di lingkungan TNI dan Polri, Forkopimda Kabupaten/Kota serta para undangan lainnya. Anggota Komcad yang mengikuti upacara penutupan dari Matra Darat ini sebanyak 298 orang.
  4. Kodam XVIII/Kasuari Manokwari, bertindak sebagai Irup Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos. Upacara pentupan pendidikan Latsarmil Komcad dihadiri oleh Forkopimda Papua Barat, Pejabat Distribusi A dan B Kodam XVIII/Ksr, Para Dansatjar Kodam VIII/Ksr, Pejabat BUMN Jajaran Kota Manokwari serta Jajaran Toga, Tomas dan Todat Prov Papua Barat. Peserta Komcad matra darat yang mengikuti kegiatan penutupan Latsarmil Kodam XVIII/Ksr sebanyak 200 orang.
  5. Wingdik 800/Pasgat Bandung, bertindak sebagai Irup Komandan Kodiklatau Marsdya TNI Tedi Rizalihadi S, M.M. Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Jingga Mako Kopasgat Lanud Sulaiman Bandung ini dihadiri oleh Direktur Teknologi dan Industri Pertahanan Ditjen Pothan Kemhan Marsma TNI Ir. Wajariman, M.Sc. serta Pejabat di jajaran TNI, Forkopimda dan Kalangan BUMN dan BUMD. Peserta Komcad yang mengikuti kegiatan Penutupan Latsarmil dari Matra udara ini sebanyak 500 orang.

Kegiatan upacara penutupan Latsarmil Komcad juga di isi dengan berbagai demonstrasi keahlian oleh para anggota Komcad. Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.(Red Bagdatin)

Kodam I/BB

Kodikmar Surabaya

Wingdik 800/Pasgat Bandung

Kodam IX/UDY

Kodam XIII/Merdeka

Kodam XVIII/Kasuari

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia