PENETAPAN KOMPONEN CADANGAN TAHUN 2023

Jumat, 11 Agustus 2023

Batujajar-Bandung (11/08) Kementerian Pertahanan dalam hal ini Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan kegiatan Upacara Penetapan Komponen Cadangan TA. 2023 di Lapangan Udara Suparlan, Pusdiklatpassus Batujajar, Bandung. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. Turut hadir dalam upacara ini Menkopolhukam, Ketua Komisi I DPR RI, Wakil Gubernur Jawa Barat, Kasum TNI, Irjen Kemhan, Wakil Kepala Staf Angkatan, para Dankodiklat, Kadivhubinter Mabes Polri, Danpusdik , Dan Rindam penyelenggara Latsarmil Komcad, Atase Pertahanan, Duta Komponen Cadangan Letkol (Tituler) Deddy Corbuzier, serta para undangan lainnya.

Dalam kegiatan upacara penetapan ini Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT. menyampaikan laporan kepada Inspektur Upacara  bahwa Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) merupakan amanat Undang-Undang Negara RI Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara, yang mengamanatkan Pembentukan Komponen Cadangan dari unsur Warga Negara, yang pelaksanaannya melalu tahapan pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran dan penetapan. Kedepan, Komcad ini akan digunakan untuk memperkuat dan memperbesar kekuatan TNI pada saat negara membutuhkan.

Untuk tahun ini personel yang  ditetapkan sebagai anggota Komcad sebanyak 2.497 orang yang terdiri dari Matra Darat, Matra Laut dan Matra Udara. Dari Matra Darat Komcad yang ditetapkan sebanyak 500 orang dari Kodam I/Bukit Barisan, 499 orang dari Kodam IX/Udayana, 298 orang dari Kodam XIII/Merdeka, serta 200 orang dari Kodam XVIII/Kasuari. Adapun Komcad Matra Laut yang dididik di Kodikmar Surabaya yang terdiri dari 450 orang Komcad pria dan 50 Orang Komcad Wanita. Sedangkan Komcad Matra Udara berjumlah 500 orang yang dididik di Wingdik 800/Pasgat Bandung.

Mewakili Presiden RI Joko Widodo, Menhan selaku Inspektur upacara menyampaikan sambutannya bahwa pertahanan Negara tidak cukup hanya ditangani kekuatan militer melainkan tugas dan kewajiban seluruh Warga Negara Indonesia karena sistem pertahanan Negara kita adalah Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta. Kesemestaan tersebut perlu diterapkan secara nyata dengan meningkatkan peran dan partisipasi setiap Warga Negara untuk Bela Negara, salah satunya adalah menjadi anggota Komcad yang dapat dimobilisasi sewaktu-waktu jika Negara dalam keadaan darurat. Komcad adalah prajurit-prajurit yang kuat, Tangguh dan berwibawa yang selalu siap untuk membuktikan kecintaannya kepada tanah air, bangsa dan Negara. Indonesia sudah mempunyai Komcad tiga matra untuk melaksanakan strategi pertahanan berlapis yang memperbesar dan memperkuat komponen utama (TNI).

Di akhir sambutannya Menhan mengucapkan terima kasih dan selamat atas penetapan Komponen Cadangan Tahun 2023 serta kerelaan menjadi anggota Komcad hendaknya dapat menjadi inspirasi bagi seluruh rakyat Indonesia.

Selesai upacara, Menhan berikut tamu undangan menyaksikan  demonstrasi keahlian Komcad hingga ditutup dengan Defile. Kegiatan Upacara Penetapan Komponen Cadangan TA. 2023 berjalan dengan tertib, aman dan lancar, sekaligus sebagai akhir dari rangkaian kegiatan Pembentukan Komcad Tahun Anggaran 2023. (Red Bagdatin).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia