Sosialisasi Pembinaaan Kesadaran Bela Negara bagi Perangkat Desa di Kab. Trenggalek TA. 2023

Selasa, 10 Oktober 2023

Rangkaian kegiatan Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara bagi Perangkat Desa TA. 2023, Direktorat Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan dilaksanakan di Hotel Hayam Wuruk, Trenggalek, Jawa Timur. Merupakan provinsi terakhir dari 12 tempat untuk tahun anggaran 2023.

Sosialisasi dengan tema “Membangun Karakter bangsa Melalui Bela Negara”. Acara pembukaan diawali dengan sambutan wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhammad Natanegara. Dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangatlah positif. ”Bela Negara menjadi modal sosialisasi bangsa untuk membangun diri menjadi bangsa yang maju, berkepribadian dan berkebudayaan yang dengan negara maju lainnya dalam peradaban dunia”. ”Dalam era globalisasi dan informasi menghadirkan berbagai permasalahan, dibeberapa wilayah NKRI mengalami berbagai krisis kebangsaan akibat konflik, kekerasan kolektif horizontal dan vertikal, serta terorisme yang menyentuh kehidupan ideologi negara, sendi-sendi sosial budaya masyarakat dan pertahanan. Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela negara sangatlah pentik untuk menyegarkan kembali rasa nasionalisme”.

Kegiatan sosialisasi pembinaan kesadaran bela negara bagi perangkat desa di Kabupate Trenggalek dibuka pada hari Senin 9 Oktober 2023 oleh Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI G Eko Sunarto, S.Pdi., M.Si. Dalam Amanat Pembukaan disampaikan Bahwa Kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara yang sedang kita laksanakan saat ini adalah dalam rangka menyebarluaskan Nilai Dasar Bela Negara. Bela Negara tidak hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Pertahanan RI dan TNI semata, tetapi menjadi tanggung jawab bersama seluruh Kementerian/Lembaga termasuk Pemerintah Daerah serta seluruh komponen bangsa lainnya. Dalam Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 mengamanatkan, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Hadir dalam acara pembukaan Kasubdit Lingja Dit Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan, DR. SRM.Indah P, S.T., M.M, AKM Dit Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan, Kolonel Arm Wahyu Jati, , Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhammada Natanegara, Forkompimda Trenggalek dan tamu undangan lainnya.

Pada kegiatan ini Direktorat Bela negara Ditjen Pothan Kemhan menyampaikan Nilai-Nilai Dasar Bela Negara, Rencana Induk Pembinaan Kesadaran Bela Negara 2020-2045 guna mewujudkan SDM unggul untuk Indonesia Emas 2045, disampaikan oleh Kasubdit Lingja Dit Bela Negara Ditjen Pothan kemhan, DR. SRM. Indah Permatas S, S.T., M.M.

Selain itu peserta sosialisasi juga mendapat materi tentang Acaman dan bahaya Narkoba yang disampaikan dari BNN Kabupaten Trenggalek, AKBP Suharsi, S.H., M.Si.

Materi Bijak dalam bermedia sosial disampaikan oleh Kadiskominfo Kabupaten Trenggalek, Edif Hayunan Siswanto, S.Sos., M.Si. dan Materi Kearifan Lokal bentuk Bela Negara disampaikan dari Kesbangpol Kabupaten Trenggalek, Drs. Widarsono, M.M.

Sosialisasi diikuti sebanyak 250 perangkat desa dari kabupaten Trenggalek. Ditutup oleh Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan, Brigjen TNI G.Eko Sunarto, S.Pdi., M.Si. pada hari Selasa 10 Oktober 2023. Setelah mengikuti kegiatan sosialisasi peserta merupakan Kader Bela Negara dan mendapatkan Sertifikat dan PIN Bela Negara. Diharapkan dapat menyebarluaskan nilai-nilai dasar bela negara. Kegiatan berjalan aman dan lancar.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia