PROGRAM PELATIHAN KEPEMIMPINAN DALAM BENTUK PEMANTAPAN NILAI KEBANGSAAN

Kamis, 7 Desember 2023

Jakarta, Kamis (7/12/2023)– Bertempat di Ruang NKRI Lemhannas Jl. Medan Merdeka Selatan no. 10 Jakarta Pusat, Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT., hadir sebagai Narasumber pada pada kegiatan Program Pelatihan Kepemimpinan dalam bentuk Pemantapan Nilai Kebangsaan kerja sama SMANDEL ( Alumni SMA 8 Jakarta ) Business Network dengan Lemhannas RI dengan mengangkat tema “Kepemimpinan yang Berwawasan Kebangsaan Mendorong Inovasi dan Enterpreunership untuk Meningkatkan Ketahanan Nasional”. Acara diikuti oleh 106 peserta, terdiri dari SMANDEL Business Network (SBN), Asosiasi Ceo Mastermind Indonesia (ACMI) dan Indonesia Financial Group (IFG).

Pada kesempatan tersebut Dirjen Pothan Kemhan menyampaikan permohonan maaf Wamenhan RI selaku alumni SMANDEL karena berhalangan hadir. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa apabila dilihat dari kacamata Pertahanan, ada 3 (tiga) kelompok masyarakat yang saling berkaitan dalam hal Pertahanan Negara yaitu kelompok masyarakat sebagai Komponen Utama, kelompok masyarakat sebagai Komponen Cadangan dan kelompok masyarakat sebagai Komponen Pendukung. Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa 11 Azaz Kepemimpinan dalam militer bisa diterapkan pada tiap jenjang kepemimpinan di semua kelompok masyarakat, diantaranya adalah Seorang pemimpin harus bisa memberi suri tauladan dihadapan anak buah, “Azaz Ing Ngarsa Sung Tulada”.

Seluruh peserta memberikan respon yang sangat positif sepanjang sesi paparan, dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan kepada narasumber diikuti dengan diskusi yang hangat dan membangun. (Red. Bagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia