SOSIALISASI DAN DISEMINASI PEMBINAAN KESADARAN BELA NEGARA PADA LINGKUP MASYARAKAT DI KOTA SURAKARTA PROV. JAWA TENGAH TA. 2024

Rabu, 28 Februari 2024

Surakarta (28/02), Kementerian Pertahanan melalui Direktorat Bela Negara Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pothan Kemhan RI) menyelenggarakan Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Pada Lingkup Masyarakat di Hotel Solia Zigna, Kota Surakarta. Acara dibuka oleh Direktur Bela Negara – Brigjen TNI G. Eko Sunarto, S.Pd., M.Si yang didampingi oleh Kasubdit Lingkungan Pemukiman Direktorat Bela Negara – Kol Adm Amiruddin Laupe, S.Sos., M.M.. Acara diikuti oleh 220 orang serta dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan Kota Surakarta, Danlanud Adi Soemarmo, Danrem 074/Warastratama, dan Forkopimda Kota Surakarta.

Dalam sambutannya Direktur Bela Negara menyampaikan bahwa Bela Negara tidak hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Pertahanan dan TNI saja, akan tetapi seluruh komponen bangsa. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 27 Ayat (3) yang mengamanatkan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib dalam upaya pembelaan negara.


Sosialisasi diisi dengan materi antara lain Visi Misi presiden, RPJMN Tahun 2020 s.d. 2024 dan Perpres 115 Tahun 2022 tentang Rencana Induk PKBN oleh Analis Pertahanan Negara Madya Direktorat Bela Negara – Drs. Panca Mugi Priyatno, M.M.Han., Pencegahan dan Penanggulangan Terorisme oleh Ketua FKPT Provinsi Jawa Tengah – Prof. Dr. Syamsul Maarif, M.Ag., Pemahaman dan Penguatan Moderasi Beragama dalam Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah -Dr. H. Wahid Arbani S.Ag., M.SI., serta Peran Kearifan Lokal dalam Menumbuhkembangkan Nilai Dasar Bela Negara di Wilayah Jawa Tengah oleh Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Tengah – Drs. Haerudin, S.H., M.H..

Kegiatan berjalan dengan lancar, aman dan antusiasme peserta sangat tinggi dilihat dari banyaknya pertanyaan tentang Bela Negara.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia