PEMBERDAYAAN SDM BERSAMA SATPOL PP DAN LINMAS

Kamis, 25 Juli 2019

Berdasarkan UU RI No 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara yang mengatur dalam menghadapi Ancaman Militer, sistem pertahanan semesta menempatkan Tentara Nasional Indonesia sebagai komponen utama dengan didukung komponen cadangan dan komponen pendukung. Sedangkan dalam UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Satpol PP dan Linmas merupakan bagian perangkat daerah di bidang Penegakan Peraturan daerah, Ketertiban Umum, dan ketentraman masyarakat yang memiliki ketrampilan khusus, jiwa juang dan disiplin yang tinggi serta memiliki hirarki komando. Hal ini sudah barang tentu menjadi ciri yang menunjukkan potensi pengorganisasian yang mirip dengan komponen utama.

Kementerian Pertahanan RI melalui Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan menggelar kegiatan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) Untuk Penguatan Komponen Pendukung Pertahanan Negara bersama Satpol PP dan Linmas di Provinsi Kepri TA. 2019, pada hari Kamis tanggal 25 Juli 2019, Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Makorem 033/WP Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam rangka penataan dan pembinaan Komduk Hanneg. Satpol PP dan Linmas sebagai bagian dari SDM Komponen pendukung yang berada dalam segmen Garda Bangsa, juga perlu disiapkan agar dapat berperan secara langsung atau tidak langsung untuk meningkatkan kekuatan, kemampuan komponen utama dan komponen cadangan dalam menghadapi ancaman militer. Dihadapan peserta dan tamu undangan disampaikan sambutan Dirjen Pothan Kemhan RI Prof. DR. Ir. Bondan Tiara Soyan, M.Si. yang bacakan Kolonel Inf Toyo, S.IP, M.M. Analis Madya Nirmiliter Bidang Idpol Ditkomduk Ditjen Pothan Kemhan RI, adapun penekanannya adalah :

Bahwa pentingnya menumbuhkan rasa kebangsaan dan bela negara kepada seluruh lapisan masyarakat di NKRI terutama Pemerintah Daerah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Masyarakat Lintas Sektoral lainnya. Kegiatan ini harus dilaksanakan, karena ini adalah bagian dari pada membangun komponen pendukung sumber daya manusia untuk pertahanan negara. Peran serta unsur pemerintah dan masyarakat cukup berperan besar dalam pertahanan negara tidak hanya dalam segi fisik, namun lebih kepada pola pikir dan sumber daya manusia (SDM). Peningkatan pola fikir pada SDM itu menjadi salah satu bentuk peningkatan bagi pertahanan negara, terutama bagi peserta dalam kegiatan ini yakni dari Satpol PP dan Linmas.

Sementara itu sambutan Danrem 033/WP Brigjend TNI Gabriel Lema, S.Sos yang dibacakan Kasrem 033/WP Kolonel Inf Jimmy Watuseke dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Perwakilan Kemhan RI serta penegasan perlunya soliditas dalam menjaga NKRI dan karena itu perlu adanya sinergitas dan Soliditas dalam menjaga Keutuhan Negara dan Bangsa yang kita cintai bersama.  Kemudian acara dilanjutkan dengan Pemberian Materi Wasbang oleh Kasiter Rem 033/WP, Pemberian Materi Peran Media Elektronik sebagai Pemersatu Bangsa oleh Kadis Kominfo Prov. Kepri, Pemberian Materi terkait Kamtibmas oleh Kasatpol PP Prov. Kepri, serta Pemberian Materi Komponen Pendukung Pertahanan yang diberikan langsung oleh Kasubdit SDM Ditkomduk Ditjen Pothan Kemnhan RI, Kolonel Arh Rochim Setiawan. R.W. Salah satu undangan yang hadir terdapat Kepala Kesbangpol Kepri Ir. Lamidi, MM, Kasatpol PP Prov. Kepri Subandi.

Kegiatan ini berjalan tertib, aman dan lancar (Red Bag Datin).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia