TRANSLATE

Temukan Badan AirAsia, Jokowi Apresiasi Basarnas

Kamis, 15 Januari 2015

Temukan Badan AirAsia, Jokowi Apresiasi Basarnas

VIVAnews – Presiden Joko Widodo mengaku sangat senang karena Badan SAR Nasional (Basarnas) telah berhasil menemukan ouing badan pesawat AirAsia QZ8501 sore hari tadi sekitar pukul 15.00 WIB.

“Sore hari ini, saya senang sekali, gembira karena tadi saya dapat kabar bahwa badan pesawat AirAsia sudah ketemu,” ujar Jokowi di Wisma Negara, Jakarta, Rabu 14 Januari 2015.

Dengan demikian, diharapkan kegiatan evakuasi dengan memasuki badan pesawat nahas itu dapat dimulai besok pagi.

Jokowi pun mengapresiasi kinerja Basarnas yang telah bekerja keras untuk menemukan badan pesawat dan mengevakuasi jenazah para penumpang yang menjadi korban kecelakaan pesawat AirAsia itu.

“Saya sangat menghargai kerja keras Basarnas dan seluruh jajaran yang mendukung, TNI, Polri, BPPT dan Kementerian terkait yang semuanya masih konsentrasi untuk evakuasi cari penumpang yang belum ditemukan,” kata Jokowi.

.
Presiden Jokowi Bersyukur Badan Pesawat AirAsia Ditemukan

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mendengar soal telah ditemukanya badan pesawat AirAsia QZ8501. Dia mengaku bersyukur dengan telah ditemukannya badan pesawat nahas tersebut.

“Saya senang sekali saya gembira sekali karena pukul 15.00 WIB, badan pesawat AirAsia sudah ketemu. Sehingga kemungkinan besok pagi akan dimulai badan pesawat dan akan dilihat di dalamnya,” kata Jokowi saat menggelar jumpa pers di Istana Presiden, Rabu (14/1/2015).

Lebih lanjut Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada pihak yang bekerja keras dalam evakusi korban dan pesawat AirAsia QZ8501.

“Sekali lagi, saya sangat menghargai kerja keras Basarnas, beserta seluruh jajaran yang mendukung,” tukasnya.

.
Jokowi Gembira Dengar Temuan Badan Pesawat AirAsia

Jakarta, CNN Indonesia — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pujian kepada Badan SAR Nasional (Basarnas) yang berhasil menemukan badan utama pesawat AirAsia QZ8501 hari ini, Rabu (14/1). Fuselage (badan pesawat) ditemukan lewat ROV yang berada di RSS Swift, milik Singapura, di sektor prioritas II, dengan jarak 3.000 meter dari lokasi ditemukannya ekor pesawat.

“Sore hari ini saya senang, gembira sekali karena tadi sekitar pukul 15.00 WIB saya mendapat kabar bahwa badan pesawat AirAsia sudah ditemukan. Sehingga kemungkinan besok pagi akan dimulai untuk masuk ke badan pesawat dan akan dilihat di dalamnya,” ujar Jokowi dalam konferensi persnya di Wisma Negara, Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Sekali lagi saya sangat menghargai kerja keras Basarnas beserta seluruh jajaran yang mendukung, TNI, Polri, BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), juga kementerian yang semuanya masih konsentrasi untuk evakuasi mencari penumpang yang masuk dan belum diketemukan,” katanya.

Sebelumnya, Basarnas telah mengumumkan penemuan fuselage melalui ROV. Badan pesawat ditemukan 800 meter dari letak Flight Data Recorder (FDR) yang telah dievakuasi sebelumnya. Dalam pengumumannya itu, Basarnas menyebut dimensi badan pesawat yang ditemukan di kedalaman 28 meter itu berukuran 30x10x3 meter.

.
Jokowi Senang Badan Pesawat AirAsia QZ8501 Ditemukan

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo mengaku senang dengan penemuan badan pesawat AirAsia QZ8501. Jokowi mendapatkan informasi tersebut pada Rabu (14/1/2015) sore ini. Ia berharap penemuan itu bisa ditindaklanjuti dengan pengecekan langsung ke dasar laut, tempat ditemukannya badan pesawat itu.

“Yang pertama, sore hari ini saya senang sekali, gembira sekali jam 3 sore badan AirAsia sudah ketemu dan besok pagi akan masuk ke badan pesawat dan melihat di dalamnya,” kata Jokowi, dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Rabu (14/1/2015) malam.

Jokowi menyampaikan apresiasinya atas kerja Badan SAR Nasional beserta TNI dan Polri yang telah berupaya dan berkonsentrasi melakukan pencarian penumpang yang belum ditemukan.

Seperti diberitakan, bagian utama badan pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh pada Minggu (28/12/2014) lalu, baru ditemukan pada Rabu (14/1/2015) sore ini.

Dalam pernyataan yang dirilis secara resmi oleh Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen melalui Facebook-nya, ia menyatakan bahwa salah satu kapal pencari milik Angkatan Laut Singapura, MV Swift Rescue, berhasil menemukan bangkai pesawat di perairan Laut Jawa.

Gambar yang diambil melalui remotely operated vehicle (ROV) menunjukkan bangkai pesawat dengan goresan tulisan “Everyone Can Fly” yang merupakan slogan maskapai AirAsia. Pihak Singapura melalui Menhan Ng dan Kepala Staf Angkatan Laut Singapura Laksamana Muda Lai Chung Han telah menginformasikan hal itu ke Basarnas untuk segera memulai proses pengangkatan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia