TRANSLATE

50 Rumah Rampung Dibangun, Pengungsi Sinabung Gembira

Senin, 19 Januari 2015

50 Rumah Rampung Dibangun, Pengungsi Sinabung Gembira

Liputan6.com, Karo – Kegembiraan menghinggapi sejumlah pengungsi letusan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Mereka senang karena 50 unit dari jumlah 365 rumah yang direncanakan pembangunannya pada tahap pertama Desember 2014 selesai dibangun di Desa Siosar, Kecamatan Tiga Panah.

“Warga pengungsi menyambut baik dengan selesainya rumah tersebut, yang selama ini mereka dambakan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Subur Tarigan Tambun saat dihubungi dari Medan, Sumatera Utara, Sabtu (17/1/2015).

Menurut dia, pembangunan rumah berikutnya, yakni sebanyak 300 unit lagi juga sedang dikerjakan pada Januari 2015.

“Pengerjaaan rumah untuk pengungsi erupsi Gunung Sinabung itu, diharapkan akan secepatnya diselesaikan oleh prajurit TNI AD Kodam I/Bukit Barisan,” ujar Subur.

Dia menyebutkan, pembangunan perumahan pengungsi tersebut pada tahap pertama sebanyak 50 unit harus tuntas pada akhir Desember 2014, sesuai yang diperintahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke Kabanjahe, Rabu 29 Oktober 2014.

“Jadi, sebelum akhir Desember 2014, pembangunan 50 rumah pengungsi erupsi Sinabung tahap pertama ini harus tuntas,” kata Subur.

Dia menambahkan, berkat kerja keras prajurit TNI AD, sebelum akhir Desember, ternyata rumah pengungsi erupsi Gunung Sinabung telah siap dibangun.

“Hal ini adalah suatu kebanggaan bagi Pemkab Karo yang telah merealisasikan permintaan pembangunan rumah pengungsi erupsi Gunung Sinabung,” ucap Subur.

Ia menambahkan, pembangunan perumahan tersebut terus berlanjut. Sebab, jumlah pengungsi letusan Gunung Sinabung cukup banyak dan mencapai ribuan orang.

“Pemkab Karo tetap memperhatikan pengungsi erupsi Gunung Sinabung yang kehilangan rumah mereka akibat bencana alam tersebut,” kata Kepala BPBD Karo.

Data yang diperoleh, jumlah pengungsi letusan Gunung Sinabung saat ini mencapai sebanyak 2.443 jiwa atau 795 kepala keluarga yang ditampung di 7 lokasi pengungsian.

.
TNI Terus Kerjakan Jalan ke Perumahan Pengungsi Sinabung

Medan – Jalan menuju ke relokasi perumahan erupsi Gunung Sinabung di Desa Siosar, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo, terus dikerjakan prajurit Kodam I/Bukit Barisan.

“Ratusan personel dari TNI AD yang dibantu masyarakat setempat bekerja keras untuk membuat jalan baru ke lokasi perumahan pengungsi Sinabung,” kata Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Subur Tarigan Tambun dihubungi dari Medan, Minggu.

Pengerjaan jalan menuju perumahan pengungsi Sinabung tersebut, menurut dia, direncanakan sepanjang lebih kurang 7 Km ke arah gunung yang cukup terjal.

Dia mengatakan, penyelesaian pembangunan jalan ke Desa Siosar itu hanya dilaksanakan beberapa bulan ini, dan sejalan dengan pembangunan 50 unit perumahan erupsi Sinabung.

“Sisa jalan sepanjang tiga kilometer lagi, direncanakan akan secepatnya dilaksanakan personel TNI AD yang telah dipercayakan pemerintah,” katanya.

Subur menyebutkan, pembangunan sisa jalan tersebut, harus dapat dituntaskan karena sangat berpengaruh untuk mengangkut bahan material pembangunan 300 unit lagi perumahan pengungsi Sinabung.

“Jadi, pembangunan jalan sarana menuju ke Desa Siosar harus menjadi prioritas bagi Pemkab Karo,” ucapnya.

Dia menambahkan, memang pengerjaan jalan ke lokasi perumahan pengungsi Sinabung itu, sedikit mengalami kendala dengan ketinggian ke arah gunung.

Selain itu, lokasi didirikannya perumahan pengungsi Sinabung adalah areal kawasan hutan agropolitan dan harus ekstra hati-hati, serta jangan sampai merusak daerah yang selama ini dilindungi pemerintah.

“Pengungsi erupsi Sinabung yang akan tinggal di daerah itu, harus ikut melestarikan kawasan hutan industri tersebut,” kata Subur.

Sumber : Antara




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia