TRANSLATE

Pelajar Gelar Aksi Simpatik Dukung TNI AL Kawal NKRI

Senin, 19 Januari 2015

Pelajar Gelar Aksi Simpatik Dukung TNI AL Kawal NKRI

Metrotvnews.com, Sukoharjo: Sejumlah pelajar dan pemuda dari komuintas mitra Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sukoharjo, Jawa Tengah, menggelar aksi simpatik mendukung TNI dalam mengawal kedaulatan NKRI. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka memperingati hari Dharma Samudra (Pertempuran Laut Nasional).

“Saya sangat bangga atas kepedulian pelajar dan pemuda dalam aksi memperingati hari Darma Samudera dimana rakyat diwakili pemuda tidak lupa akan sejarah dan pemuda mendukung TNI dalam menjaga NKRI kita harus mengingatkan kalangan generasi muda untuk tidak melupakan semangat heroisme pahlawan Komodor Yos Soedarso yang gugur dalam pertempuran laut mempertahankan NKRI,” kata Kepala Staff Kodim 0726 Sukoharjo, Mayor (Arh) Tjatur Supriyono, Sabtu (17/1/2015).

Hari Dharma Samudra jatuh pada tanggal 15 Januari. Peringatan Hari Dharma Samudra bertujuan mengenang pahlawan nasional Komodor Yos Sudarso yang gugur dalam peperangan memperebutkan Iran Barat melawan Belanda. Pada saat itu, TNI AL kalah dalam pertempuran di Laut Aru.

“Kami memberi semangat kepada TNI AL supaya menjaga laut Indonesia dan pulau terluar dari caplokan negara asing, menjaga perairan laut dari penyelundupan apapun termasuk narkoba. Menurut BNN, penyelundupan narkoba dari luar belum bisa terbendung maksimal karena armada patroli laut alias kapal perang patroli belum mencukupi di luasnya perairan Indonesia,” kata kordinator aksi, Agus Widanarko.

Pertempuran Laut Aru mengingatkan bahwa persenjataan laut atau kapal canggih sangat diperlukan untuk menjaga Laut Indonesia. Sehingga, pemuda Sukoharjo mendukung modernisasi persenjataan alutista TNI terutama kapal kapal perang untuk kewibawaan Negara dan menjaga NKRI.

Dalam aksi kali ini, juga ditampilkan aksi teatrikal perebutan pulau terluar Indonesia dari cengkaraman asing dan dari pasukan bandar narkoba. Aksi diperankan oleh pelajar dan pemuda dan TNI dari Kodim Sukoharjo.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia