TRANSLATE

Komandan Kopassus bangga anak buah bantu polisi ungkap kejahatan

Rabu, 21 Januari 2015

Komandan Kopassus bangga anak buah bantu polisi ungkap kejahatan

Merdeka.com – Prada Nanang Setiawan, anggota Grup 2 Kopassus, Kandang Menjangan, Kartasura mendapat penghargaan dari Polres Sukoharjo, Jawa Tengah. Kapolres Sukoharjo AKBP Andy Rifai menyebut Prada Nanang berjasa dalam mengungkap kasus tindak pidana kriminal beberapa waktu lalu.

Komandan Grup 2 Kopassus Kolonel Inf Ricard Taruli Horja Tampubolon mengapresiasi penghargaan tersebut. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Sukoharjo atas atensi dan apresiasinya kepada anggota Kopassus Prada Nanang Setiawan yang telah membantu tugas Polri dalam menggagalkan pencurian dengan kekerasan.

“Kegiatan yang positif di awal tahun 2015 ini dapat memberikan dampak kepada masyarakat bahwa TNI dan Polri serta masyarakat mempunyai tugas yang sama untuk menjaga keutuhan dan keamanan NKRI, khususnya di wilayah Sukoharjo dan Kota Solo,” ujarnya.

Keberadaan Kopassus di tengah-tengah masyarakat, lanjut Richard, juga mempunyai tanggung jawab untuk saling peduli dalam menjaga lingkungan sekitar agar tetap aman dan kondusif. Sehingga keberadaan Kopassus, lanjut dia dapat dirasakan manfaatnya di tengah masyarakat

Sementara itu Pasi Intel Grup-2 Kopassus Kapten Gorga Alam Harahap menambahkan pihaknya merespon positif terhadap peristiwa tersebut. Ia berharap upaya dari anggota Kopassus dapat dijadikan sebagai momen untuk dapat berbaur dengan masyarakat.

“Ini momen agar kami dapat berbaur dengan masyarakat serta dapat bekerja sama antara TNI dan Polri. Hal ini sering di sampaikan oleh komandan Grup 2 Kolonel Inf Ricard Taruli Horja Tampubolon pada saat apel prajurit serta pada saat jam Dan Kopassus,” katanya.

Sebagai prajurit Kopassus, lanju Gorga, harus dapat 3 S, yakni senyum, sapa dan salam kepada masyarakat. Karna, lanjut Gorka TNI adalah rakyat, Rakyat adalah TNI, bersama Rakyat TNI kuat.

“Rakyat bersama TNI dan Polri harus bersatu, agar permasalahan dapat diselesaikan dengan baik,” pungkasnya.

.
Polres Beri Penghargaan 7 Warga dan TNI

SUKOHARJO – Polres Sukoharjo memberikan penghargaan kepada tujuh orang di luar Polri yang membantu tugas kepolisian dalam penanganan tindak kejahatan.

Mereka terdiri atas anggota TNI, tokoh masyarakat, dan warga biasa. Penghargaan serupa juga diberikan kepada lima anggota Polres sehingga ada 12 orang yang menerima penghargaan.

Kapolres Sukoharjo AKBP Andy Rifai merinci ada dua anggota TNI yang mendapat penghargaan, yakni Sertu Agus Margono, 37, anggota Kodim 0721 Boyolali dan Prada Nanang Setiawan, 22, anggota Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan Kartasura. Keduanya membantu pengungkapan tindak pidana percobaan pencurian dengan kekerasan (curas) di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo.

Sementara penerima penghargaan dari warga biasa yakni Sariman, 52, warga Pasarkliwon Solo karena membantu pengungkapan tindak pidana pencurian sepeda motor di wilayah Kecamatan Grogol, Sukoharjo. Selanjutnya, Cuinadi, 32, seorang satpam warga Kemasan, Polokarto; dan Suranto, 35, warga Madegondo, Grogol yang telah membantu pengungkapan tindak pidana pembuangan korban meninggal dunia laka lantas di Desa Madegondo, Grogol.

Rosa Lesmana, 31, warga Desa Laban, Kecamatan Mojolaban yang membantu penangkapan pelaku tindak pidana pencurian sepeda angin lipat di Mojolaban juga diganjar penghargaan. Begitu juga Fausiyah Itasha, 22, warga Grajegan, Tawangsari yang membantu penangkapan pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat) atau jambret di Tawangsari.

“Ada juga lima orang anggota dari internal Polres Su koharjo yang mendapatkan penghargaan atas prestasi kerjanya,” ujar Andy Rifai. Kelimanya adalah Aiptu Haryanto, Aiptu Suwiryo, Bripka Sunar, Aiptu Santoso Abdul Gani, Brigadir Aris Riyanto. Mereka berhasil mengungkap kasus tindak pidana curanmor. “Harapan kami dari masyarakat bisa lebih memiliki sikap kewaspadaan dalam menjaga keamanan lingkungan,” ujar Kapolres.

Kasubag Humas Polres Sukoharjo AKP Joko Sugiyanto menambahkan, selama ini Polres setempat rutin memberikan penghargaan kepada anggota yang berkinerja baik dan masyarakat umum yang membantu petugas.

Sumber : http://www.koran-sindo.com/




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia