TRANSLATE

Wujudkan Percepatan Swasembada Pangan, Distan Pelalawan bersama TNI Lakukan Rapat Persiapan

Senin, 9 Februari 2015

Wujudkan Percepatan Swasembada Pangan, Distan Pelalawan bersama TNI Lakukan Rapat Persiapan

PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM – Dinas Pertanian (Distan) Pelalawan bersama TNI yang tergabung dari seluruh Koramil di Kabupaten Pelalawan gelar persiapan wujudkan swasembada pangan Padi Jagung dan Kedele (Pajale). Sebelumnya telah dilakukan Memorandum Of Undersatanding (MOU) antara Menteri Pertanian dengan TNI.

Kepala Dinas Pertanian, Ir Syah Falefi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program nasional yang direalisasikan di daerah. Artinya, program nasional percepatan peningkatan swasembada pangan untuk jenis Pajale siap direalisasikan di Kabupaten Pelalawan.

“Ini akan direalisasikan pada hasil panen tahun ini dengan target 10 persen peningkatan dari hasil tahun sebelumnya,” katanya.

Untuk itu, agar semua bisa bekerja sesuai hasil kesepakatan di tingkat pusat maka keterlibatan TNI dalam upaya percepatan kali ini merupakan sebagai pendampingan dan juga pengawalan selama program berjalan.

“Maksudnya TNI terlibat langsung dalam hal semuanya, khususnya jika ada hambatan serta apapun yang menyebabkan tidak lancarnya mobilisasi kegiatan sehingga menyebabkan terganggunya aktifitas dalam pelaksanaan program percepatan swasembada pangan maka akan diatasi oleh TNI,” ujar Kadistan.

Jadi rapat kali ini, sambungnya, merupakan rapat tahap awal pelaksanaan pencapaian percepatan swasembada pangan dengan membahas persamaan persepsi, perencanaan dan strategi sampai berhasil.

“Sentral kita untuk tanaman padi mungkin masih ditetapkan di Kecamatan Kuala Kampar, Jagung di Teluk Meranti dan Kedelai juga berpotensi di Kuala Kampar,” sebutnya.

Sementara itu, Kapten Inf E Sihotang selaku Komandan Koramil 09 Langgam menyampaikan, bahwa semua jajaran TNI di Pelalawan akan dilibatkan untuk pencapaian target pencapaian swasembada pangan Pajale.

“Ini semua sudah tugas TNI untuk terlibat dalam upaya pendampingan dan siap membantu mobilisasi di lapangan,” tukasnya.

Rapat yang digelar di kantor Dinas Pertanian Pelalawan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultural Kabupaten Pelalawan, Ir Syah Falefi dan Kapten Inf E Sihotang selaku Komandan Koramil 09/Langgam. Rapat koordinasi diikuti oleh puluhan peserta dari kedua instansi TNI dan pegawai Dinas Pertanian.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia