TRANSLATE

Kajati Bali: Minta Bantuan TNI/Polri karena “Urgent” Sekali

Jumat, 27 Februari 2015

Kajati Bali: Minta Bantuan TNI/Polri karena "Urgent" Sekali

DENPASAR, KOMPAS.com – Kejaksaan Tinggi Bali meminta bantuan TNI dan Polri dalam membantu keamanan saat pemindahan dua terpidana mati anggota kelompok “Bali Nine”, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan.

“Teman-teman kan tahu, kita sampai minta bantuan TNI dan Polri karena urgent sekali, saya minta pengertian kawan-kawan semua,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Momock Bambang Samiarso di Denpasar, Bali, Kamis (26/2/2015).

Momock tidak memberikan keterangan secara rinci mengenai maksud kata “urgent” yang disampaikan. Ketika ditanya apakah ada gangguan sejenis sabotase atau ancaman terhadap proses pemindahan, Momock hanya menjawab, “semuanya mungkin, makanya kita persiapannya begitu matang segala sesuatunya mungkin.”

“Apabila nanti sudah siap pasti kami beritahukan. Yang penting kawan-kawan media membantu kelancaran dan keamanan,” kata Momock kepada wartawan.

Hari ini, Momock baru tiba di Bali setelah menghadap ke Kejaksaan Agung di Jakarta. Menurut dia, hasil koordinasinya tetap sama, bahwa pemindahan akan dilakukan jika Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan menyatakan siap menampung kedua terpidana yang bakal segera dieksekusi mati.

.
Jelang Eksekusi Mati Duo Bali Nine, TNI Siap Siaga

TEMPO.CO , Jakarta: Menjelang eksekusi mati terpidana narkotik gelombang kedua, yang terdapat dua anggota sindikat pengedar narkoba Bali Nine, Tentara Nasional Indonesia sibuk menggelar berbagai persiapan. Di antaranya pengerahan seluruh personil dan alat utama sistem persenjataan TNI.

Juru bicara TNI Mayor Jenderal Mochamad Fuad Basya mengatakan persiapan itu dilakukan lantaran institusinya mendapat informasi akan ada pihak yang berupaya menjegal pelaksanaan eksekusi mati gelombang kedua. “Ini demi kedaulatan negara, kami berusaha mengawal agar eksekusi berjalan lancar,” kata Fuad kepada Tempo, Kamis, 26 Februari 2015

Sejumlah persiapan itu antara lain, TNI Angkatan Udara menurunkan seluruh pesawat tempur Sukhoi SU-30 dan F-16 yang ditempatkan di Bali dan Magelang. TNI Angkatan Laut menyiapkan Kapal Serayu yang kini bersandar di Dermaga Sleko, Cilacap, Jawa Tengah menjelang eksekusi mati di Pulau Nusakambangan.

Kapal Serayu akan melakukan patroli di sekitar perairan Nusakambangan. Nusakambangan pulau terluar yang paling dekat dengan Australia, negara asal terpidana mati Bali Nine. Selain Kapal Serayu, TNI AL juga menurunkan Kapal Angkatan Laut Majeti yang berawak empat anggota.

Menjelang eksekusi, kedua kapal tersebut akan melakukan patroli penuh untuk mengamankan jalannnya eksekusi. TNI Angkatan Darat juga menurunkan seluruh personil khusus di wilayah Jawa Tengah dan Bali untuk mengamankan eksekusi mati berjalan aman.

Khusus untuk dua terpidana Bali Nine, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, Fuad mengatakan belum mendapat instruksi pengawalan ketat. Tapi, tidak menutup kemungkinan keduanya itu mulai dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-A Denpasar di Kerobokan, Badung, Bali sampai ke tempat eksekusi di Nusakambangan dikawal dengan kendaraan tempur.

“Tapi bukan berarti kami mengerahkan semua pasukan dan alat tempur hanya untuk dua orang itu, tapi ini demi kedaulatan negara kita,” ujar Fuad. “Karena banyak sekali desakan dari dunia internasional mengenai eksekusi mati, maka itu saatnya kita tunjukan kedaulatan Indonesia dengan cara mengamankan eksekusi mati secara militer.”




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia