TRANSLATE

Tumbuhkan Solidaritas, Personel TNI-Polri Olahraga Bareng

Selasa, 3 Maret 2015

Tumbuhkan Solidaritas, Personel TNI-Polri Olahraga Bareng

SLEMAN – Ribuan personel TNI-Polri yang bertugas di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya mengikuti olahraga bersama di lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, kemarin. Berbagai permainan dan olahraga di pertandingan dalam kegiatan itu. Seperti lari karung, game ular tangga, sepak bola mini, futsal putri, bola voli, dan senam bersama. Danlanud Adisutjipto Yogyakarta Marsma TNI Yadi Indrayadi Sutanandika mengatakan, olahraga bersama ini bukan hanya kegiatan rutin.

Namun juga sebagai sarana untuk saling mempererat silaturahmi, menjaga kebersamaan dan keakraban TNI-Polri dan menumbuhkan solidaritas. “Kegiatan ini juga untuk menghindari konflik komunal dan gesekan di antara angkatan,” ungkap Yadi di sela-sela kegiatan tersebut, kemarin. Yadi menjelaskan, dengan adanya kebersamaan ini, juga diharapkan mengeliminir adanya kesalah pahaman personel TNI-Polri saat menjalankan tugas di lapangan.

Sebab tidak dapat dipungkiri, karena adanya arogansi personel, sering menyebabkan terjadinya pelanggaran tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dari anggota tersebut. “Kami harapkan dengan adanya kebersamaan ini, bukan hanya akan semakin membuat TNI-Polri solid dan kompak, namun juga dapat menjadi contoh masyarakat. Apalagi kerukunan TNI-Polri masih menjadi panutan mereka,” paparnya.

Menurut Yadi, dengan solidnya TNI-Polri ini tentunya juga akan membuat situasi dan kondisi aman dan nyaman. Terutama dalam menjaga wilayah tersebut, baik dari tindak kriminalitas maupun tindakan lain yang membuat resah masyarakat. “Itulah harapan kita bersama, karena itulah maka semua komponen harus dirangkul,” kata alumnus AAU angkatan 1986 dan peraih Adhyamakayasa tersebut.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Adisutjipto Yogyakarta Mayor Sus Hamdi Londong Allo menambahkan untuk masalah keamanan ini, khusus di jajaran TNI AU, termasuk Lanud Adisutjipto ada dua sistem pengamanan (pam), yaitu pam terbuka dan tertutup.

Untuk pam terbuka dalam bertugas personel TNI AU memakai uniform, baik di lingkungan intern maupun saat bergabung dengan institusi lainnya. Sedangkan untuk pam tertutup tidak memakai uniform dalam bertugas. “Baik pam terbuka maupun tertutup, jika menemukan pelanggaran di lingkungan AU langsung ditindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, bila di luar lingkungan AU, karena bukan kewenangannya maka akan berkoordinasi dengan instansi berwenang,” tandasnya.

Sumber : http://www.koran-sindo.com/read

.
TNI-Polri Olahraga dan Joget Bersama

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Ribuan personel TNI dan Polri ikuti berbagai macam kegiatan olahrga di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Jumat (27/2/2015). Olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan keakraban antar anggota tersebut disambut meriah. Dalam kesempatan tersebut juga digelar panggung pentas untuk menyemarakan aktivitas olahraga bersama pada hari itu.

Tak hanya anggota saja saja yang turut dalam acara tersebut, para pimpinan TNI AD, AU, AL dan Polri juga turut serta berolahraga. Olahraga pada hari itu memang dikemas tidak terlalu serius, karena tujuan utamanya adalah kebersamaan antar seluruh institusi negara. Adapun olahraga yang diikuti setidaknya 1500 personel gabungan TNI- Polri adalah sepakbola mini, bolavoli, senam bersama, balap karung hingga game psikologi.

Seusai diadakan olahraga, para personil disuguhkan pentas dangdut di panggung terbuka yang juga berada di lapangan Jupiter. Tak pelak, ribuan anggota TNI – Polri langsung melebur menjadi satu dan berjoget saat para biduan melantunkan tembang-tembang dangdut yang sedang populer saat ini.

Ditemui seusai acara olahraga, Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Yadi I. Sutanandika menuturkan bahwa salah satu tujuan diadakannya kegiatan olehraga bersama adalah untuk mencegah terjadinya konflik yang kerap terjadi antara anggota TNI dan Polri di lapangan.

“Barangkali di luar Yogyakarta masih sering ditemui konflik, di sini saya harap jangan sampai terjadi. Itu karena TNI Polri masih menjadi perekat, stabilisator, dinamisator di masyarakat,” ujar Danlanud.

.
Lapangan Jupiter Jadi Ajang Kebersamaan TNI-Polri

SLEMAN – TNI-Polri di wilayah DIJ kembali melaksanakan kegiatan bersama berupa senam bareng yang digelar di Lapangan Jupiter, kom-pleks Lanud Adusicipto Jogjakarta (27/2). Ke-giatan yang bertujuan menjaga kekompakan antarkedua pihak ini melibatkan sekitar 1.800 prajurit TNI-Polri.Kegiatan olahraga gabungan antara TNI-Polri ini sudah berjalan sejak tahun lalu. Mu-lai dari Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pra-thista, Mako Brimob Gondowulung, dan kali ini digelar di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto Jogjakarta. Acara itu diawali sambutan Danlanud Adis-ucipto Marsma TNI Yadi Indaryadi Sutanan-dika. “Biasanya kan yang menjadi tuan rumah, kawan-kawan dari TNI AD dan kepolisian. Tetapi kali ini izinkan kami untuk menjamu kawan-kawan sekalian,” kata Yadi.

Yadi menegaskan, kegiatan ini selain men-jaga kebugaran sebagai aparat penegak hu-kum, juga menjalin silaturahmi antara TNI dengan Polri. Selain itu, kegiatan ini juga untuk memelihara keharmonisan hubung-an antara kedua pihak yang selama ini sudah terjalin dengan sangat baik, khususnya di wilayah DIJ.Menurut Yadi, kegiatan ini akan melebur-kan ke dalam keharmonisan, tidak ada jarak satu sama lain, namun tetap memperhatikan tugas dan fungsinya baik dari TNI maupun Polri. Cara demikian juga diharapkan men-jadi contoh bagi daerah lain betapa penting-nya menjaga keharmonisan.“Tidak ada jarak antarkedua institusi. Kami semua bersama-sama bekerja untuk men-jaga keamanan dan pertahanan negara dari segala macam ancaman,” ujarnya.

Acara kali ini cukup meriah dengan dihadir-kannya penampilan barongsai dari Angkatan Udara. Selain itu, berbagai perlombaan juga disediakan dalam kesempatan itu. Tak hanya itu, peserta juga terlibat dalam kemeriahan campursari. Masing-masing perwakilan dari TNI AD, AL, AU, dan Polri pun hanyut dalam suasana kebersamaan.

Sumber : http://www.radarjogja.co.id/




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia