TRANSLATE

Menhan RI-Malaysia Jenguk Empat Pilot yang Selamat dari Kecelakaan

Rabu, 18 Maret 2015

Metrotvnews.com, Langkawi: Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein dan Menhan RI Ryamizard Ryacudu menjenguk empat pilot yang melontarkan diri dari pesawat di Langkawi, Malaysia, Minggu (15/3/2015).

Dua pesawat yang masing-masing ditumpangi dua pilot bersenggolan dan terjatuh dalam sesi latihan Langkawi International Maritime and Aerospace (Lima) 2015 di dekat Bandara Internasional Langkawi.

“Saya bersyukur keempat pilot dalam keadaan selamat dan semangat mereka masih tetap tinggi,” ucap Hishammuddin di akun Twitter, seperti dikutip malaysiandigest.com.

Kapuspen TNI AU Mayjen M Fuad Basya menduga faktor angin turut berperan dalam insiden ini. “Saat dua pesawat bersilangan, mungkin ada perubahan cuaca, angin sesaat,” sebut dia.

Fuad Basya menegaskan keempat pilot ini sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi. Mereka sudah terbiasa melakukan atraksi di udara, walau diakui aksi seperti itu berisiko tinggi.

“Keempatnya selamat. Mereka ada di Rumah Sakit Langkawi. Hanya luka-luka ringan saja,” ungkap Fuad.

Belum diketahui apakah TNI AU akan tetap mengikuti acara Lima 2015 tanpa kehadiran dua pesawat KAI KT-1B. Penyebab pasti kecelakaan masih diselidiki.

.
Menhan RI dan Malaysia Besuk Pilot Pesawat Jatuh

TEMPO.CO, Langkawi – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, bersama Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein, mengunjungi pilot dari tim aerobatik udara Jupiter yang mengalami kecelakaan di Langkawi, Malaysia, Ahad, 15 Maret 2015.

Dua pesawat Jupiter berserempetan di udara saat latihan di Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA). Kedua pesawat akhirnya jatuh sekitar pukul 14.02. Satu pesawat jatuh di Pemandangan Indah, Padang Mat Sirat, satu lagi di Kampung Gelam, Kedawang. Keduanya jatuh di luar Bandara Internasional Langkawi.

“Just left the hospital with Pak Ryamizard. Thankful tha all 4 pilots are safe, their spirits remains high.” (baru meninggalkan rumah sakit bersama Pak Ryamizard. Syukurlah keempat pilot selamat, semangat mereka tetap tinggi) demikian cuit Hishammuddin dalam akun Twitter-nya.

Menurut juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran Langkawi, insiden terjadi ketika enam pesawat KT-1B melintas di udara, dua di antaranya saling menyerempet.

Seorang saksi, Husin Ahmad, 25 tahun, mengatakan dia menyaksikan seorang pilot berhasil melontarkan diri dari pesawat dan membuka parasutnya.

“Saya sedang makan siang ketika melihat dua pesawat bersenggolan di ekornya, menyebabkan asap, sebelum keduanya jatuh,” kata Husin seperti dikutip The Malaysian Insider.

“Salah seorang pilot berhasil melontarkan diri dengan parasut.”

Menteri Ryamizard sedang berada di Langkawi dalam rangka menghadiri Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN ke-9 sekaligus pameran LIMA.

.
Menhan Ryamizard dan Menteri Hishammuddin Jenguk 4 Pilot Jupiter

Jakarta – Dua pesawat millik TNI AU yang tergabung dalam tim aerobatik Jupiter tabrakan di udara saat berlatih untuk pameran dirgantara Langkawi, Malaysia. Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein dan Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu memastikan empat pilot yang ada di pesawat selamat.

Hishamuddin dan Ryamizard menjenguk keempat pilot tersebut di rumah sakit, Minggu (15/3/2015). Dari foto yang diupload oleh Hishammuddin, tampak para pilot Jupiter terbaring di ranjang dengan baju putih.

Salah satu pilot tampak berbincang dengan Ryamizard dan Hishamuddin. Dari kicauannya, Hishammuddin yang menjadi juru bicara Malaysia saat kecelakaan Malaysia Airlines MH370 ini, memastikan keempatnya dalam kondisi baik.

“Just left the hospital with Pak Ryamizard. Thankful that all 4 pilots are safe, their spirits remain high,” demikian isi twitt Hisham.

TNI AU belum merilis nama-nama para pilot yang kecelakaan. Namun dari testimoni sejumlah saksi di lokasi, pesawat yang terlibat kecelakaan adalah Jupiter 5 dan 6. Dari situs Jupiter, diketahui pilot dua pesawat itu masing-masing bernama Mayor penerbang Sri “Martin” Raharjo dan Mayor penerbang Romas “Condor”.

Sumber : http://news.detik.com/read/2015

.
Menhan Ryamizard Lega Pilot TNI AU dalam Kondisi Baik

SRIPOKU.COM-Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudumengungkapkan kelegaannya dua pesawat dari tim aerobatik Jupiter TNI Angkatan Udara tidak jatuh di Bandara Internasional Langkawi.

Menurut Ryamizard, seperti dikutip kantor berita Malaysia Bernama, jika kedua pesawat itu jatuh di bandara, dampak kecelakaan itu akan jauh lebih buruk. Seperti diketahui, bandara itu kini sangat sibuk dengan persiapan Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) 2015

Seperti diberitakan, dua pesawat Jupiter yang sedang berlatih untuk mengikuti LIMA, bersenggolan di udara, Minggu (15/3/2015). Kedua pesawat itu jatuh, tetapi keempat pilotnya berhasil menyelamatkan diri dengan kursi pelontar.

“Pilot berhasil menghindari bandara dan permukiman. Syukurlah, dia berhasil mengalihkan arah jatuhnya pesawat,” kata Ryamizard.

Dua pesawat itu jatuh di luar bandara, yakni kawasan Permandangan Indah, Padang Mat Sirat, dan Kampung Gelam, Kedawang, yang tidak jauh dari bandara.

Ryamizard berada di Langkawi untuk menghadiri Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN ke-9 dan LIMA. Dia, bersama Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein, langsung menjenguk keempat pilot di rumah sakit.

Yang penting, lanjut Ryamizard, keempat pilot dalam kondisi stabil dan terus dalam pengawasan dokter dan tim medis lainnya.

Ryamizard mengatakan tim aerobatik Jupiter tetap akan tampil dalam LIMA. “Mereka tetap tampil, tidak ada masalah,” kata dia seraya menambahkan bahwa para pilot di tim Jupiter tetap bersemangat.

Sumber : http://palembang.tribunnews.com/

.
Menhan Malaysia: Semangat Pilot Jupiter Team Tinggi

RMOL. Kecelakaan dua pesawat milik TNI Angkatan Udara saat sesi latihan bersama di Mahsuri International Exhibition Centre (MIEC) Malaysia tadi siang (Minggu, 15/3) tak sampai menyebabkan korban tewas.

Seperti dimuat The Malaysian Insider, empat pilot pesawat Jupiter Aerobatic Team hanya mengalami luka-luka dari insiden yang terjadi pukul 02:04 waktu setempat.

Pemerintah Malaysia segera bertindak cepat. Tim SAR Malaysia berusaha mengeluarkan para korban dari reruntuhan pesawat dan membawanya ke Rumah Sakit Langkawi.

Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein beberapa saat lalu telah mengunjungi para korban.

“Saya bersyukur dari empat pilot, semuanya selamat. Semangat mereka tetap tinggi,” kicau Hishammuddin dalam akun Twitter pribadinya.

Diketahui, selain menyebabkan korban cedera, dua rumah dan satu buah mobil terbakar akibat tertimpa reruntuhan dari pesawat.

Tim aerobatic Indonesia merupakan salah satu dari lima tim yang dijadwalkan ambil bagian dalam pameran yang akan diselenggarakan pada 17-21 Maret mendatang.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia