TRANSLATE

Perayaan Puncak HUT TNI akan Dipusatkan di Merak, Ini Lokasinya…

Kamis, 20 Agustus 2015

Perayaan Puncak HUT TNI akan Dipusatkan di Merak, Ini Lokasinya...

MERAK – Panglima Komando Operasi (Pangkoops) Angkatan Udara I Marsekal Muda Agus Dwi Putranto bersama sejumlah perwira dari Mabes TNI meninjau dermaga PT Indah Kiat, Merak, Kota Cilegon, Rabu (19/8). Lokasi itu rencananya akan dijadikan lokasi puncak pelaksanaan peringatan HUT ke-70 TNI.

“Jadi memang perlu ada persiapan sebelum peringatan HUT TNI yang akan kita laksanakan 5 Oktober nanti,” ujarnya usai menggelar rapat persiapan.

Pangkoops sendiri merupakan Wakil Ketua Pelaksana Pusat untuk momen peringatan HUT TNI tahun ini. Rencananya puncak peringatan itupun akan turut dihadiri Presiden Joko Widodo.

Dilansir Radar Banten (Grup JPNN.com), dalam kunjungan tersebut, Pangkoops juga mempelajari denah kawasan dermaga untuk penempatan personel hingga alutsista.

“Di samping parade, kita juga akan menggelar demo operasi darat, udara dan laut. Untuk pasukan darat, nanti ada demo bela diri. Sedangkan demo udara dan laut, nanti ada demo penembakan dari kapal dan juga dari pesawat,” jelasnya.

Sumber : radarbanten/jpnn

.
Banten Akan Dijadikan Puncak Peringatan HUT TNI

MERAK (Pos Kota) – Peringatan puncak HUT ke-70 TNI pada 5 Oktober mendatang direncanakan akan digelar di Provinsi Banten. Lokasi yang ditunjuk Mabes TNI untuk pagelaran akbar HUT TNI yang akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo yaitu Pelabuhan Peti Kemas PT Indah Kiat Merak, Kota Cilegon.

Panglima Komando Operasi (Pangkoops) Angkatan Udara I Marsekal Muda TNI Agus Dwi Putranto mengatakan, Banten dipilih sebagai lokasi peringatan HUT TNI tahun ini karena geografis daerah yang erat kaitannya dengan bagian program pemerintah tentang konsep kemaritiman.

“Banten akan dijadikan tempat untuk menampilkan kekuatan TNI. Nanti kita bisa mengetahui, kemampuan kemaritiman kita sejauh mana. Sehingga kalau diaplikasikan di sekitar pantai ini kan bisa dilihat langsung,” ujar Pangkoops di sela peninjauan dermaga peti kemas PT Indah Kiat, Rabu (19/8).

Marsekal Muda TNI Agus Dwi Putranto sendiri merupakan Wakil Ketua Pelaksana Pusat untuk momen peringatan HUT TNI ke 70. Dikatakan Agus Dwi, rencananya puncak peringatan itupun akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo. Puncak peringatan itu, kata dia, TNI akan mengerahkan sekira 118 jenis pesawat milik TNI AU, 48 kapal perang milik TNI AL, dan puluhan armada tempur milik TNI AD.

“Untuk sementara ini, kita akan libatkan sekitar 6 ribu prajurit. Tapi untuk jumlah pastinya akan kita rapatkan lagi satu dua hari ini,” katanya.

Saat melakukan peninjauan, Pangkoops juga mempelajari denah kawasan dermaga untuk penempatan personil hingga alutsista. “Di samping parade, kita juga akan menggelar demo operasi darat, udara dan laut. Untuk pasukan darat, nanti ada demo bela diri. Sedangkan demo udara dan laut, nanti ada demo penembakan dari kapal dan juga dari pesawat,” jelasnya.

Berdasarkan pantuan, selain didampingi perwira tinggi dari Mabes TNI, peninjauan yang dilakukan oleh Pangkoops itu pun turut mendapat pengawalan dari Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Banten Kolonel Laut (P) Judijanto, dan Dandim 0623 Cilegon Letkol Inf Aji Mimbarno.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia