TRANSLATE

Panglima TNI: Singapura Harus Izin jika Ingin Latihan Tempur!

Selasa, 8 September 2015

Panglima TNI: Singapura Harus Izin jika Ingin Latihan Tempur!

JAKARTA – Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo mengaku geram atas tindakan militer Singapura yang sering melakukan latihan di wilayah udara Indonesia, tepatnya di utara Pulau Bintan, Kepulauan Riau.

Menurut Gatot, Singapura harusnya meminta izin terlebih dahulu jika ingin menggelar latihan militer, terutama latihan udara.

“Setiap negara Singapura ingin melakukan latihan tempur harus izin. Karena kita dulu punya MTA (Militer Training Area) yang berakhir 2007. Kemudian ada DCA (Defense Cooperation Agreement) juga ada Alpha 1, Alpha 2, Bravo,” kata Gatot kepada wartawan di gedung DPR RI, Senayan Jakarta, Senin (7/9/2015).

Menurut Gatot, Singapura harusnya memperhatikan peraturan perundang-undangan dan juga perjanjian Internasional tentang batas wilayah sebuah negara, termasuk Indonesia.

“Karena ada Pasal 11 (UU Nomor 24 Tahun 2000 Tentang Perjanjian Internasional) mengatakan, bahwa setiap perjanjian internasional harus diratifikasi DPR dalam hal ini Komisi I. Dan komisi I belum meratifikasi, jadi DCA Alpha 1, Alpha 2 maupun Bravo masih wilayah NKRI. Dan Singapura tidak bisa melarang kita lewat sana, kita ingatkan dan kita usir,” tegasnya.

Sumber : http://news.okezone.com/

.
Singapura Langgar Batas Udara, Panglima TNI: Kita Ingatkan dan Usir

Jakarta – Pesawat tempur Singapura menggelar latihan di ruang udara Indonesia. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengambil langkah tegas. Apa yang dilakukan TNI?

“Kita ingatkan dan kita usir,” tegas jenderal bintang empat itu di Gedung DPR, Senayan, Jakpus, Senin (7/9/2016).

Berdasarkan laporan TNI AU, Singapura menggunakan ruang udara Indonesia di daerah Kepulauan Riau (Kepri); di utara Pulau Bintan, untuk latihan pesawat tempur mereka. Singapura masih merujuk pada perjanjian antar negara.

Perjanjian mengenai peminjaman bagian wilayah RI karena Singapura tak memiliki ruang udara untuk latihan adalah military training areas (MTA) yang habis pada tahun 2001 dan draft Defence Cooperation Agreement (DCA) pada tahun 2007 yang batal disepakati. Sehingga menurut Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, jika Singapura ingin latihan di wilayah Indonesia, maka mereka harus mengajukan izin.

“Negara Singapura ingin melakukan latihan tempur harus izin. Karena kita dulu punya MTA dan (sudah) berakhir,” ujar Gatot

Untuk draft DCA sendiri awalnya disebut Gatot disepakati dengan pembagian 3 wilayah area latihan Singapura di RI. Namun meski sudah ditantatangani oleh Menhan yang kala itu dijabat oleh Juwono Sudarsano, akhirnya batal karena tidak mendapat persetujuan dari Komisi I DPR.

“Ada DCA itu (area) alpha 1, alpha 2, dan bravo. Karena ada pasal 10 mengatakan bahwa setiap perjanjian internasional harus diratifikasi DPR dalam hal ini Komisi I dan Komisi I belum meratifikasi, jadi DCA alpha 1, alpha 2 maupun bravo masih wilayah NKRI,” jelas Gatot.

Meski perjanjian batal, Singapura masih kerap menggelar latihan di wilayah Kepri yang ada di dalam draft perjanjian. Bahkan Singapura pernah protes saat pesawat tempur Indonesia melintas di ruang udara tersebut saat sedang melakukan pengamanan. Padahal pesawat tempur TNI AU itu terbang di wilayah negaranya sendiri.

“Singapura tidak bisa melarang kita lewat sana,” tutur Gatot.

Sumber : http://news.detik.com/




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia