TRANSLATE

Kemenkop Siap Latih Wirausaha Prajurit Yang Akan Pensiun

Rabu, 6 Januari 2016

JAKARTA (Pos Kota) – Kementerian Koperasi dan UKM siap mendidik dan melatih wirausaha terhadap para prajurit yang akan memasuki masa pensiun.

“Para prajurit itu sudah memiliki modal berupa disiplin dan mental yang kuat. Nantinya tinggal kita arahkan,” kata Deputi Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Prakoso BS, di sela-sela penandatanganan kesepakatan bersama dengan Kementerian Pertahanan, Kamis (17/12).

Para prajurit yang akan memasuki pensiun bisa diberi pelatihan wirausaha. Atau mereka magang di perusahaan untuk membuka mind-set agar mereka bisa mulai berwirausaha. “Pokoknya, kami siap mendukung penuh kerjasama ini,” katanya.

Menjelang masa pensiun para prajurit memang harus dipersiapkan sejak dini. Caranya, lanjutnya, dengan memberi pelatihan kewirausahaan sebagai bekal hidup, setelah pensiun dari prajurit.

Dalam pelatihanb tersebut, pihaknya juga akan mendampingi agar sesuai arah tujuan program. “Program pelatihan kewirausahaan untuk prajurit yang akan memasuki pensiun ini harus berjalan pada 2016,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya menunggu data dari Kementerian Pertahanan, terkait data dan jumlah prajurit yang akan memasuki masa pensiun dan siap diberikan pelatihan kewirausahaan.

Prajurit Bisa Hidup Layak

Dirjen Kekuatan Pertahanan Kemhan, Laksamana Muda TNI Agus Purwoto, mengapresiasi kerjasama pelatihan kewirausahaan ini.

Menurutnya, para prajurit yang akan memasuki masa pensiun harus mampu mempersiapkan diri. “Harus merubah mind-set dari employee menjadi seorang wirausaha. Atau merubah dari Infantri menjadi In-Pantry,” tegasnya.

Ia berharap nantinya setelah masa pensiun, para prajurit bisa hidup bermasyarakat dengan baik dan layak. Agus mengungkap segera melakukan pendataan terkait prajurit yang akan pensiun. “Setelah terdata, kita juga akan mendata mereka, terkait minatnya mau kemana,” terangnya.

Sebab kebutuhan para prajurit ini adalah pelatihan mengenai manajemen usaha, kualitas produk, hingga pada kemampuan untuk memahami pasar. “Saya berharap para prajurit yang pensiun bisa memiliki bidang usaha sesuai dengan minatnya,” imbuhnya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia