TRANSLATE

Menhan RI dan Jepang Kunjungi Patung Jendral Sudirman Bersama

Jumat, 8 Januari 2016

Citizen6, Jakarta Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu didampingi Dubes RI untuk Jepang Yusron Ihza dan Menteri Pertahanan Jepang Gen Nakatani, melihat patung Jendral Sudirman, di halaman Departemen Pertahanan Jepang di Tokyo, Jum’at 17 Desember 2015.

.
PM Jepang Shinzo Abe Temui Menlu Retno dan Menhan Ryamizard

Tokyo – Jepang dan Indonesia baru saja menggelar pertemuan 2+2 Meeting antara Menlu dan Menhan kedua negara di Tokyo. Setelah pertemuan bersejarah itu, Menlu dan Menhan Indonesia bertemu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Seperti diketahui 2+2 Meeting Jepang-Indonesia telah berlangsung Kamis (17/12) kemarin. Hari ini, Jumat (18/12/2015), Menlu Retno LP Marsudi dan Menhan Ryamizard Ryacudu diundang ke kantor PM Jepang Shinzo Abe.

Kedua menteri diterima di kantor Abe sekitar pukul 11.30 waktu setempat. Menlu Jepang Fumio Kishida dan Menhan Jepang Gen Nakatani juga ikut dalam pertemuan tersebut. Pertemuan ini diliput luas oleh media-media Jepang.

“Pertemuan 2+2 Meeting merupakan pertemuan bersejarah yang akan meningkatkan kerja sama Indonesia-Jepang. Kita merupakan mitra strategis. Negara kita telah menyepakati untuk memulai perjanjian transfer teknologi pertahanan. Saya berharap kerja sama yang baik akan segera dilaksanakan ke depan,” kata Abe membuka pertemuan.

Menlu Retno menanggapinya dengan menyampaikan salam dari Presiden Jokowi. “Saya menyampaikan salam dari Presiden Republik Indonesia Pak Jokowi,” ujar Retno

Pertemuan kemudian digelar tertutup dan awak media yang meliput diminta meninggalkan ruangan.

Pertemuan 2+2 Meeting Jepang-Indonesia menghasilkan sejumlah kesepakatan. Di antara kesepakatan-kesepakatan itu, yang paling menjadi perhatian adalah soal disepakatinya kerja sama transfer teknologi pertahanan Jepang-Indonesia.

Saat ini Indonesia diketahui sedang menjajaki kemungkinan membeli pesawat amfibi US-2. Selain soal teknologi pertahanan, kesepakatan lain yang juga penting adalah Jepang-Indonesia sepakat menjaga perdamaian dan keamanan di Laut China Selatan.

Sumber : https://news.detik.com/berita




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia